Kronologi Helikopter Sewaan Weda Bay Nickel Hilang Kontak di Halmahera

Agustiyanti
21 Februari 2024, 12:44
weda bay nickel, helikopter hilang kontak
ANTARA/Abdul Fatah
Helikopter Bell 429 PK-WSW milik Helicity yang merupakan kontraktor PT Weda Bay Nickel (WBN) hilang kontak dengan Air Traffic Control (ATC) Bandara Cekel, Weda Tengah, pada pukul 13.16 WIT, Selasa, 20 Februari 2024 di antara Pinto dan Pit Kaurahe.
Button AI Summarize

Helikopter charter atau yang disewa perusahaan tambang PT Weda Bay Nickel  hilang kontak di sekitar hutan Halmahera, Maluku Utara pada Selasa (20/2). Pencarian oleh tim gabungan hingga kini masih dilakukan. 

Communications Weda Bay Project, Bilal Sau menjelaskan, helikopter tersebut digunakan untuk logistik eksplorasi. "Saat kejadian, helikopteri ini membawa 3 orang, yakni 2 pilot dan satu penumpang," kata Bilal Sau pada Selasa (20/2), seperti dikutip dari Antara. 

Berikut kronologi hilangnya helikopter charter Weda Bay Nickel di Halmahera:

Penerbangan charter rute Kaorahai-Jiguru-PNE-Kaorahai tersebut hilang kontak pada Selasa (20/2). Helikopter kehilangan kontak dengan  Air Traffic Control (ATC) Bandara Cekel, Weda Tengah pada pukul 13.16 WIT saat menerbangi rute  PNE-Kaorahai. 

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan, pihaknya menerima laporan hilang kontaknya helikopter tersebut pada Selasa (20/2) sekitar pukul 13.40 WIT.  Menurut informasi yang ia terima, pilot sempat melapor mendengar suara ledakan kepada petugas pendaratan atau HLO sesaat sebelum hilang kontak. 

“Saat itu pilot telah melewati ketinggian 2.000 kaki,” ujarnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (21/2).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...