Otorita Pastikan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, Bagaimana Progresnya?

Andi M. Arief
23 Februari 2024, 13:37
IKN, IKN Nusantara, otorita IKN
ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan upacara 17 Agustus 2024 akan digelar di IKN Nusantara. Hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tersebut juga akan menjadi hari perdana IKN resmi beroperasi. 

"IKN beroperasi untuk pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2024, IKN harus diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan pada gelaran besar nasional yang sangat signifikan," ujar Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (23/2). 

Silvia mengatakan, pihaknya akan fokus  memastikan ketersediaan akomodasi dan mobilitas bagi para tamu yang nantinya menghadiri maupun masyarakat yang akan menyaksikan Upacara HUT Kemerdekaan RI perdana di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Pastinya yang sangat krusial adalah ketersediaan akomodasi dan mobilitas untuk tamu-tamu yang datang menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.," katanya.

OIKN juga memastikan ketersediaan pangan dalam rangka untuk memenuhi ribuan orang yang akan menghadiri perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 tersebut.

"Kemarin juga sudah melakukan pembicaraan untuk memastikan ketersediaan pangan, karena untuk memenuhi kebutuhan ribuan orang yang menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN," kata Silvia.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur akan menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Presiden Joko Widodo berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024. Pembangunan IKN dimulai dari  infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR, dan perumahan pada periode 2022-2024. Periode ini juga termasuk pemindahan ASN tahap awal. 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...