Sandiaga Taksir Dampak Ekonomi Konser Ed Sheeran ke RI Capai Rp 100 M

Agustiyanti
27 Februari 2024, 06:41
Ed Sheeran, konser, sandiaga uno
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Penyanyi Ed Sheeran tampil menghibur penggemarnya saat konser di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Ed Sheeran akan kembali menggelar konser di Jakarta pada 2 Maret 2024.
Button AI Summarize

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan konser Ed Sheeran di Jakarta pada 2 Maret 2024 memberikan dampak ekonomi mencapai lebih dari Rp 100 miliar. Konser Mathematic Tour 2024 yang akan diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS) ini ditargetkan ditonton hingga 50.000 orang.

“Tipikal spending wisatawan nusantara hingga 50 ribu penonton itu pengalinya Rp 2,7 juta, konservatif direct impact-nya Rp100 miliar lebih,” kata Sandiaga seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/2). 

Konser Ed Sheeran ini semula akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), tetapi dipindah ke JIS. Perpindahan ini diputuskan karena GBK akan digunakan untuk persiapan pertandingan tim nasional Indonesia melawan Vietnam.

Meski ada perpindahan lokasi konser, Sandiaga menyebut konser Ed Sheeran di JIS akan menghadirkan sensasi panggung 360 derajat yang ikonik.

Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan,  Kemenparekraf bersama PK Entertainment selaku promotor terus berusaha meningkatkan penyelenggaraan konser yang berkualitas. PK Entertainment merupakan promotor yang juga mendatangkan Coldplay pada November tahun lalu.

“Belajar dari kesuksesan Coldplay, kami melihat promotor PK Entertainment ini sudah semakin meningkat kualitas penyelenggaraannya,” ujar Vinsensius.

Dia berharap konser Ed Sheeran dapat berkontribusi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,5 miliar pergerakan. “Sebanyak 10–15 persen wisatawan mancanegara akan hadir di konser tersebut sehingga bisa memberi kontribusi pada perekonomian,” kata dia.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...