Strategi Mentan Amran agar Petani Bisa Percepat Musim Tanam 2024,

Andi M. Arief
27 Februari 2024, 15:28
amran, petani, musim tanam
ANTARA FOTO/Aulliya Rahman/Spt.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta para petani mempercepat musim tanam 2024.
Button AI Summarize

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengimbau para petani untuk mempercepat musim tanam 2024. Ini karena pemerintah telah menyiapkan teknologi pompanisasi untuk menghadapi dampak El Nino.

Amran menjelaskan, pompanisasi adalah pemanfaatan air dangkal atau air tanah dengan pompa ke lahan pertanian. Menurutnya, teknologi tersebut sudah terbukti dalam proyek percobaan seluas 1.000 hektare di Gunung Kidul.

"Teknologi pompanisasi sudah diuji dan berhasil mengairi lahan seluas 1.000 hektare dengan biaya Rp 14 miliar. Jadi, kami akan optimalkan penggunaan pompa dan pipa ini di lahan kering lainnya," kata Amran dalam keterangan resmi, Selasa (27/2).

Amran menyampaikan, pemerintah juga sudah membangun sekitar 42 bendungan sejak 2014 untuk meningkatkan ketersediaan air. Infrastruktur tersebut dinilai menaikkan Indeks Pertanaman dari 1,2 menjadi 2,4 poin.

Bendungan yang dapat mengairi lahan seluas 200.000 hektar tersebut dapat meningkatkan frekuensi panen dari 1,2 kali setahun menjadi 2,4 kali setahun.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bob Arthur Lombogia mengatakan, pembangunan bendungan terus dilakukan tahun ini. Menurutnya, akan ada hampir 20 unit bendungan yang rampung tahun ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...