Pemerintah Pantau Ketat Harga Ayam, Telur, dan Cabai saat Ramadan

Andi M. Arief
28 Februari 2024, 18:33
bapanas, harga ayam, telur, cabai
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Ilustrasi. Bapanas mewaspadai kenaikan harga ayam, telur, dan cabai saat Ramadan.
Button AI Summarize

Badan Pangan Nasional atau Bapanas akan mewaspadai tiga bahan pangan pada Ramadan 2024, yakni daging ayam, telur ayam, dan cabai keriting merah. Harga ketiga komoditas tersebut diperkirakan terus naik setidaknya hingga pertengahan Maret 2024.

Direktur Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Bapanas Maino Dwi Hartono mengatakan, harga daging ayam dan telur ayam akan terus tumbuh bulan depan akibat harga jagung. Maino mencatat, jagung di tingkat peternak yang biasa dilego Rp 7.000 sampai Rp 8.000 per kg kini mencapai Rp 10.000 per kg.

"Maka dari itu, beberapa peternak ayam pedaging dan petelur ada yang mengurangi bibit atau malah berhenti beternak. Hal tersebut menjadi peringatan untuk kami," kata Maino di Kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Rabu (28/2).

Bapanas mendata, rata-rata nasional harga jagung kini mencapai Rp 8.670 per kg hari ini, Rabu (28/2). Angka tersebut telah naik Rp 230 per kg selama 28 hari terakhir dan Rp 2.720 per kg secara tahunan.

Maino menyampaikan, kenaikan harga jagung paling berdampak pada peternak ayam petelur. Sebanyak 70% dari total peternak ayam petelur merupakan peternak mandiri yang membuat pakannya sendiri.

Oleh karena itu, kenaikan harga jagung tertransmisikan langsung ke harga daging ayam dan telur ayam. "Otomatis harga di kandang sudah tinggi, tapi dari sisi ketersediaan masih belum ada masalah," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...