Mangkrak 17 Tahun, PUPR Bakal Lanjutkan Proyek Tol Dalam Kota Bandung

Agustiyanti
1 Maret 2024, 09:54
basuki hadimuljono, tol dalam kota Bandung
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan akan melanjutkan pembangunan jalan tol dalam kota Bandung.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR memastikan akan melanjutkan  pembangunan tol dalam kota Bandung (Bandung Intra Urban Tol Road) dan Tol Cileunyi-Tasikmalaya. Kedua pembangunan jalan tol ini penting untuk mengatasi kemacetan. 

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road," kata Basuki Hadimuljono usai pertemuan dengan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin di Kantor PUPR, seperti dikutip dari Antara, Jumat (1/3).

Basuki mengatakan, PUPR akan segera memproses pembangunan tol yang sudah "mangkrak" hampir 17 tahun tersebut dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). "Kita lelangkan segera," ujarnya. 

Basuki mengatakan, pihaknya dan Pemprov Jabar juga sepakat untuk mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur di Jawa Barat. Salah satunya, soal pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas).

PUPR menargetkan pemenang lelang Tol Cigatas diumumkan pada Juli 2024 agar proses pembangunan jalan tol tersebut bisa segera dilaksanakan. Basuki mendapatkan laporan bahwa proyek tersebut kini tengah dilakukan adendum kualifikasi dan penambahan desain.

"Sehabis itu, setelah lebaran, April pertengahan akan dilelang. Kalau lelang itu dua bulan berarti Mei-Juni, Juli bisa ada pemenangnya. Dengan ada pemenangnya segera kita laksanakan konstruksinya," katanya.

Selain itu, PUPR juga akan membantu peningkatan  jalan tambang di Parung Panjang, Bogor. Namun menurut Basuki, komitmen ini harus disertai dengan upaya Pemprov Jabar. Pihaknya kini menunggu skema yang tengah disusun oleh Pemprov Jabar terkait pembangunan jalan khusus tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...