MIND ID Kuasai 34% Saham Vale, BUMN: Momentum Genjot Hilirisasi Nikel

Happy Fajrian
4 Maret 2024, 12:04
vale, divestasi, hilirisasi nikel, bumn, erick thohir
Katadata/Nur Hana Putri Nabila
Penandatanganan kesepakatan divestasi 14% saham Vale Indonesia kepada MIND ID di Jakarta.
Button AI Summarize

Pemerintah melalui BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID resmi memegang kepemilikan saham mayoritas di PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sebesar 34% usai ditandatanganinya dokumen transaksi pengambilalihan saham divestasi sebesar 14% antara MIND ID dan Vale pada Senin (26/2).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa melalui divestasi ini Indonesia dapat menunjukkan komitmennya untuk berada di garis depan dalam pengembangan hilirisasi industri nikel.

Indonesia memiliki peran strategis dalam industri nikel global sebagai salah satu produsen nikel terbesar di dunia. Sehingga, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengambil kendali dalam menentukan arah industri nikel.

“Divestasi Vale Indonesia merupakan perwujudan transformasi BUMN yang penting dalam menghadapi tantangan global dan memanfaatkan peluang di era ekonomi yang terus berkembang. Dengan melakukan divestasi yang strategis, MIND ID dapat memperkuat posisi mereka,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Senin (4/3).

Erick mengatakan bahwa setelah penandatanganan persetujuan divestasi 14% saham INCO ke MIND ID, maka MIND ID secara bersama-sama akan mengendalikan INCO bersama Vale Canada Limited.

Setelah transaksi selesai, MIND ID akan memegang sekitar 34% saham yang diterbitkan INCO, menjadikannya pemegang saham terbesar dalam perusahaan tersebut, VCL 33,9%, Sumitomo Metal Mining (SMM) 11,5%, dan sekitar 20,6% akan tetap dimiliki oleh publik.

Erick menjelaskan, bentuk joint corporation dalam pengelolaan PT Vale Indonesia Tbk ke depan akan dapat menjamin pembangunan ekosistem pertambangan hulu hingga hilir yang lebih baik bagi Indonesia.

Melalui momentum ini, pemerintah berkomitmen untuk terus mengawal investasi keberlanjutan untuk down streaming dengan luasan lahan dan total investasi terbaik bagi Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...