McKinsey Ungkap Tiga Mineral yang Potensial Dihilirisasi Seperti Nikel

Andi M. Arief
6 Maret 2024, 16:58
mineral. timah, tembaga, hilirisasi
Amman
Iustrasi. Komoditas yang dinilai memiliki potensi besar seperti nikel untuk dihilirisasi adalah timah, aluminium, dan tembaga.
Button AI Summarize

McKinsey & Company Indonesia menyarankan pemerintah mendorong hilirisasi komoditas lain secara paralel dengan yang tengah berjalan pada nikel. Komoditas yang dinilai memiliki potensi besar seperti nikel adalah timah, aluminium, dan tembaga.

Managing Partner McKinsey and Company Indonesia Khoon Tee Tan mengatakan, seluruh mineral potensial untuk dikembangkan hilirisasi. Ini karena seluruh mineral tersebut tergabung dalam ekosistem baterai kendaraan listrik atau electric vehichle (EV).

"Hilirisasi yang dilakukan di nikel bisa dilakukan di mineral lain. Kita perlu bijak mencari caranya," kata Khoon Tee dalam dalam Indonesia Data and Economic Conference (IDE) Katadata 2024 sesi "Empowering Indonesia's Industrial Transformation for Tomorrow" di Jakarta, Selasa (5/3).

Khoon Tee menilai, timah menjadi komoditas selanjutnya yang dapat masuk program hilirisasi. Ia menjelaskan timah memiliki keunggulan komparatif yang serupa dengan nikel, yakni volume cadangan yang besar di dalam negeri.

Selain timah, Khoon Tee merekomendasikan aluminium dan tembaga untuk masuk program hilirisasi. Namun demikian, ia menekankan bahwa pemerintah harus mengkaji pasar produk hilir kedua mineral tersebut.

"Kalau kita paksakan hilirisasi sektor hulu ke rantai pasok ekosistem industri aluminium dan tembaga domestik, ada kemungkinan itu menjadi boomerang. Sebab, kalau investasi di industri hilir kedua mineral tersebut. apakah produknya kompetitif?" katanya.

Khoon Tee pun menekankan pentingnya pemerintah untuk masuk  pada tahap selanjutnya dalam proses hilirisasi nasional, yakni transformasi industri. Khoon Tee mencatat, beberapa sektor manufaktur dapat menyerap produk pengolahan mineral yang tengah didorong pemerintah selain EV, yakni otomotif, elektronika, dan kerajinan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...