Profil The Body Shop yang Bangkrut dan Tutup Toko di Banyak Negara

Agustiyanti
13 Maret 2024, 14:23
The Body Shop, ritel tutup, toko tutup, the body shop tutup
123rf
Ilustrasi. The Body Shop mengumumkan bahwa anak perusahaannya di Amerika Serikat tidak lagi beroperasi mulai 1 Maret 2024.
Button AI Summarize

The Body Shop bangkrut dan menutup toko di sejumlah negara, seperti Jerman, Demark, Irlandia, dan Belgia. Perusahaan waralaba kosmetika kedua terbesar di dunia ini juga tengah mengajukan kebangkrutan di Amerika Serikat dan Kanda. 

Mengutip CNN, The Body Shop mengumumkan bahwa anak perusahaannya di Amerika Serikat tidak lagi beroperasi mulai 1 Maret 2024 dalam rilis pada awal bulan ini. Perusahaan juga menyebutkan bahwa 33 dari 105 tokonya di Kanada akan dilikuidasi dan penjualan online melalui e-commerce Kanada ditutup. 

Profil The Body Shop

The Body Shop didirikan pada tahun 1976 di Inggris oleh aktivis hak asasi manusia dan aktivis lingkungan hidup Anita Roddick. Perusahaan ini terkenal memasarkan produk-produk yang bersifat alami dan berkelanjutan.

The Body Shop adalah salah satu perusahaan pertama yang melarang pengujian pada hewan untuk banyak produknya. Pada 2019, perusahaan ini mendapatkan sertifikasi sebagai “B Corp,” sebuah sebutan yang diberikan kepada perusahaan yang memenuhi standar transparansi dan kesadaran lingkungan tertentu.

Perusahaan memiliki lebih dari 2.500 toko ritel di lebih dari 80 negara dan juga jaringan online di 60 pasar pada 2023.

Sejak awal berdirinya, The Body Shop telah beberapa kali berpindah tangan. Produk tersebut dibeli oleh raksasa kosmetik L’Oréal pada tahun 2006 dengan harga lebih dari satu miliar dolar, sebelum dijual ke perusahaan Brasil Natura pada tahun 2017 dengan harga satu miliar dolar lagi.

Akhir tahun lalu, The Body Shop dijual ke grup manajemen aset Aurelius dengan harga sekitar $266 juta.

Mengapa The Body Shop sampai bangkrut?

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...