Otorita Ingin IKN jadi Kota yang Menyenangkan seperti Finlandia

Andi M. Arief
21 Maret 2024, 12:37
IKN nusantara, IKN, lovable city
ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/nz
Foto udara suasana pembangunan jembatan duplikasi Pulau Balang bentang pendek penghubung Balikpapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/2/2024).
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara meluncurkan peta jalan untuk menjadikan IKN sebagai kota yang mendukung kebahagian atau lovalble City.  OIKN telah belajar dari Finlandia dan Spanyol. 

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan saat ini ada urgensi untuk meningkatkan kesadaran aspek kebahagiaan warga dalam perencanaan kota. Oleh karena itu, Bambang berpendapat perlu adanya pertukaran pengetahuan dengan studi kasus internasional maupun nasional terkait kebahagiaan di kota.

"Collaborative Learning Forum dilaksanakan untuk memperkenalkan kerangka Liveable and Lovable Nusantara, serta menjadi platform pembelajaran dari berbagai studi kasus internasional dan nasional untuk meningkatkan kebahagiaan warganya," kata Bambang dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis (21/3).

Bambang menyampaikan kerangka Liveable and Lovable Nusantara bertujuan memberikan insentif dan kesejahteraan ke warga Nusantara. Menurutnya, kerangka tersebut dapat menciptakan Nusantara sebagai kota yang layak huni dan dicintai oleh warganya.

Studi kasus internasional yang dimaksud Bambang berasal dari Spanyol dan Finlandia. Secara rinci, Finlandia dipilih karena menjadi negara paling bahagia selama tujuh tahun berturut-turut. Sementara itu, Spanyol dinilai memiliki studi kasus yang dapat membuat Nusantara menjadi kota yang asyik.

Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda mengatakan Spanyol merupakan negara yang urban. Oleh karena itu, Francisco berharap agar berbagi pengalaman antar perancang dan perencana dari seluruh dunia dapat memperkaya proyek Nusantara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...