Kadin dan Katadata Kerja Sama Olah Data Pangan Nasional

Andi M. Arief
21 Maret 2024, 15:47
Plh Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi (tengah) bersama dengan Chief Executive Officer PT Katadata Indonesia, Metta Dharmasaputra (kedua kanan) menunjukkan dokumen nota kesepahaman (MoU) rencana kerja sama antara Kadin Indonesia dengan PT
Fauza Syahputra|Katadata
Plh Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi (tengah) bersama dengan Chief Executive Officer PT Katadata Indonesia, Metta Dharmasaputra (kedua kanan) menunjukkan dokumen nota kesepahaman (MoU) rencana kerja sama antara Kadin Indonesia dengan PT Katadata Indonesia mengenai “Satu Data, Satu Kata Pangan” di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2024).
Button AI Summarize

Kamar Dagang dan Industri atau Kadin menandatangani nota kesepahaman dengan PT Katadata Indonesia pada Kamis (21/3). Kesepakatan mencakup kerja sama pengumpulan dan pengolahan data pangan sebagai sumber dan referensi utama nasional.

Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian Kadin Indonesia Arif P. Rachmat mengatakan, tujuan perjanjian ini adalah untuk menyatukan narasi industriawan dan petani. Narasi tersebut nantinya dapat mendorong kolaborasi antara negara, industri, dan petani.

"Kami pro petani, tapi kami butuh kebijakan dan intervensi pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur pertanian, impor bibir, dan regulasi terkait rekayasa genetika," kata Arif di Menara Kadin, Kamis (21/3).

Arif mengatakan, tujuan pembuatan satu data dan satu narasi ini adalah peningkatan produktivitas pangan, peningkatan daya saing pangan lokal, dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Ia menyampaikan, Kadin Indonesia akan mendorong penurunan emisi karbon dan deforestasi. Oleh karena itu, salah satu strategi dalam peningkatan produksi yang diambil adalah intensifikasi melainkan ekstensifikasi.

Arif mencatat intervensi tersebut akan sangat berguna dalam meningkatkan produktivitas jagung dan beras. Menurutnya, rekayasa genetika dalam produksi jagung dapat mendorong volume panen hingga 100%.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo juga telah menugaskan Perum Bulog untuk meningkatkan produksi secara intensif. Kepala Negara menugaskan peningkatan produksi 500.000 hektare sawah eksisting.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...