LRT Jabodebek Tawarkan Hak Nama 16 Stasiun ke Pengusaha

Andi M. Arief
27 Maret 2024, 07:26
LRT
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/aww.
Sejumlah penumpang menaiki kereta Light Rail Transit (LRT) dari stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Rabu (7/2/2024). LRT Jakarta optimistis dapat mengangkut 2.808 penumpang setiap harinya atau lebih dari satu juta penumpang sepanjang 2024.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menjual hak penamaan seluruh stasiun kereta api ringan atau LRT Jabodebek pada tahun ini. Perseroan mengumumkan, telah ada satu dari 17 stasiun LRT Jabodebek yang telah terkontrak, yakni Stasiun LRT Jabodebek Pancoran.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, potensi pendanaan dari langkah bisnis tersebut bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Menurutnya, hak penamaan dapat digunakan antara tiga sampai lima tahun sejak terkontrak.

"Kontrak hak penamaan untuk Stasiun LRT Jabodebek Pancoran itu selama tiga tahun. Pihak perusahaan yang berkontrak akan mengeluarkan pernyataan resmi biar kami tidak melangkahi," kata Mahendro di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (26/3).

Mahendro menyampaikan, beberapa pihak telah melakukan penjajakan awal untuk mendapatkan kontrak tersebut pada stasiun trayek Dukuh Atas-Jatimulya. Mahendro menyebutkan KAI tidak menetapkan tenggat waktu terhadap masa lelang kontrak hak penamaan tersebut.

Mahendro menilai ada beberapa perusahan yang berminat untuk mendapatkan kontrak hak penamaan pada Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas hingga Stasiun LRT Jabodebek Kuningan. "Banyak peminat karena memang di situ daerah perkantoran, jadi memang potensinya lebih menarik untuk banyak instansi," katanya.

Daftar 16 Stasiun yang Ditawarkan ke Pengusaha

Secara rinci, 16 stasiun yang saat ini ditawarkan hak penamaanya ke pengusaha adalah Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jati Bening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...