Kereta Cepat Whoosh Angkut 21 Ribu Penumpang saat Puncak Arus Balik

Agustiyanti
17 April 2024, 17:28
kereta cepat woosh, whoosh
ANTARA FOTO/Hreeloita Dharma S/Ak/Spt.
Ilustrasi. Rata-rata okupansi perjalanan Whoosh menuju Stasiun Halim menyentuh angka 89% pada momen puncak arus balik.
Button AI Summarize

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengangkut sebanyak 21.000 penumpang kereta cepat Whoosh saat puncak arus balik Lebaran 2024 pada Senin (15/4). GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, lebih dari 65% atau sekitar 14 ribu penumpang naik Whoosh dengan relasi Padalarang maupun Tegalluar menuju Halim.

“Tingginya jumlah penumpang tersebut bertepatan dengan berakhirnya masa libur lebaran yang ditetapkan pemerintah,” kata Eva di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Eva menjelaskan, sebanyak 9.500 penumpang menggunakan Whoosh dari Stasiun Padalarang, sedangkan 4.500 sisanya memilih menggunakan Whoosh dari Stasiun Tegalluar.

“Tingginya penumpang Whoosh dari Stasiun Padalarang ini dikarenakan konektivitasnya dengan Stasiun Bandung melalui perjalanan KA Feeder,” kata dia.

Dia mengatakan,  rata-rata okupansi perjalanan Whoosh menuju Stasiun Halim menyentuh angka 89% pada momen puncak arus balik. Seluruh tempat duduk untuk jadwal pukul 14.00 hingga 20.30 WIB habis terjual.

"Meski terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari-hari biasa, seluruh pelayanan di stasiun dan kereta pada momen tersebut berjalan dengan selamat, aman, lancar, dan terkendali," katanya. 

Eva mengatakan KCIC tetap mengoperasikan 12 perjalanan tambahan hingga 18 April 2024 meskipun puncak arus balik pada angkutan Lebaran 2024 sudah terlewati . Melalui data pemesanan tiket hingga akhir pekan ini volume penumpang juga masih terlihat cukup tinggi jika dibandingkan hari biasa.

"Perjalanan tambahan masih diberlakukan untuk mengantisipasi penumpang yang menunda melakukan perjalanan arus balik sesuai dengan kebijakan pemerintah. Dengan banyaknya jumlah perjalanan, penumpang bisa lebih fleksibel dalam membuat rencana perjalanan,” kata Eva.

 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...