Saingi Vietnam, Indonesia Ingin Tambah Komponen Lokal Smartphone Apple

Muhamad Fajar Riyandanu
17 April 2024, 20:28
Apple
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
CEO Apple Tim Cook (tengah) didampingi Menkominfo Budi Arie Setiadi (kiri) dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) berjalan usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).
Button AI Summarize

Pemerintah berupaya meningkatkan jumlah komponen elektronik produksi dalam negeri ke perangkat telepon selular pabrikan Apple. Saat ini Indonesia baru memasok dua dari 360 komponen yang terkandung dalam smartphone Apple. 

Angka tersebut lebih rendah dari Vietnam yang mampu memasok 72 komponen elektronik untuk satu unit smartphone Apple. Pemerintah saat ini telah mengajukan proposal kepada perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu untuk menambah penetrasi produk dalam negeri ke smartphone Apple menjadi delapan komponen.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan usulan penambahan komponen lokal menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (17/4). Selain Tim Cook, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) turut hadir dalam rapat terbatas itu. 

Beberapa menteri yang hadir selain Agus adalah Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Agus menjelaskan pemerintah menawarkan skema penyelarasan kemitraan bisnis (business matching) kepada Apple. 

Ia menganggap pabrikan dalam negeri saat ini mampu memasok kabel, baterai dan adaptor yang selaras dengan spesifikasi Apple. Agus mengatakan bahwa produsen komponen dalam negeri saat ini sanggup memasok bagian-bagian tertentu untuk sejumlah gawai pabrikan luar negeri.  

"Ada penjajakan antara industri yang sudah siap dengan komponen Apple-nya. Ada kabel, baterai, adaptor. Daftarnya ada delapan, saya lupa lengkapnya," kata Agus di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (17/4).

Menurut Agus pemerintah juga membahas kelanjutan pembangunan empat Apple Developer Academy di Indonesia. Empat fasilitas pelatihan perangkat lunak dan aplikasi senilai Rp 1,6 triliun itu dibangun di Tangerang, Surabaya, Batam dan Bali.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...