Asta Agro Tak akan Jorjoran Ekspor CPO Meski Rupiah Melemah

Andi M. Arief
23 April 2024, 16:41
astra agro, sawit, cpo, ekspor, rupiah melemah
ANTARA FOTO/Yudi/Spt.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

PT Astra Agro Lestari Tbk belum berencana untuk memperbesar porsi ekspor meski nilai tukar rupiah yang melemah menguntungkan produk ekspor. Penjualan global emiten berkode saham AALI ini pada tahun lalu hanya mencapai 30% dari total ekspor. 

Presiden Direktur AALI Santosa mengatakan, pihaknya kemungkinan masih akan mengandalkan penjualan domestik pada tahun ini seperti tahun lalu. Perusahaan belum dapat membaca dampak pelemahan rupiah terhadap kinerja ekspor dan hanya akan memperbesar porsi ekspor jika harga global lebih bagus dibandingkan domestik.

Perbandingan harga CPO dengan harga minyak nabati lainnya, menurut dia, juga akan mempengaruhi kinerja ekspor perusahaan.

"Harga minyak kedelai sepanjang kuartal pertama 2024 masih lebih tinggi dari CPO, tapi sepertinya dapat berbeda saat masa panen besar-besaran pada kuartal ketiga 2024," kata Santosa dalam Public Expose 2024 di Menara Astra, Selasa (23/4).

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, selisih antara harga minyak kedelai dan CPO menipis pada sepanjang kuartal pertama tahun ini. Santosa menduga hal tersebut yang membuat -negara-negara tujuan ekspor menahan pembelian walau perekonomiannya membaik.

Berdasarkan YCharts dan Business Insider, selisih minyak kedelai dan CPO pada Maret 2023 mencapai US$ 184 per ton. Angka tersebut susut menjadi hanya US$ 3 per ton pada Maret 2024. Secara rinci, minyak kedelai dilego senilai US$ 964,95 per ton, sedangkan CPO seharga US$ 961,35 per ton.

Santosa menduga penurunan harga minyak kedelai disebabkan oleh kelebihan pasokan kedelai dari Argentina akibat Dolarisasi Argentina. Menurutnya, dolarisasi Argentina membuat pasokan minyak kedelai di pasar global melonjak saat ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...