Jokowi Tugaskan Bahlil Bangun Kebun Tebu dan Pabrik di Merauke

Andi M. Arief
26 April 2024, 12:58
bahlil, swasembda pangan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendapat tugas untuk mengejar swasembada pangan.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Satuan Tugas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol. Upaya untuk mengejar swasembada tersebut akan dilakukan di Merauke, Papua Selatan.

Presiden Jokowi menyatakan penunjukan tersebut merupakan bagian dari implementasi Peraturan Presiden No. 40 Tahun 2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional. Menurutnya, percepatan tersebut perlu dilakukan melalui mekanisme Proyek Strategis Nasional atau Kawasan Ekonomi Khusus.

"Perlu dikembangkan suatu kawasan pengembangan swasembada gula dan bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan," seperti tertulis dalam Keppres No. 15 Tahun 2024 yang dikutip Jumat (26/4).

Perpres No. 40 Tahun 2023 menyatakan pengembangan swasembada gula nasional diperlukan untuk memperbaiki kesejahteraan petani tebu di dalam negeri. Pada saat yang sama, target tersebut harus dipenuhi untuk mewujudkan ketahanan energi dan implementasi energi bersih.

Keppres tersebut secara umum menugaskan empat tugas kepada Bahlil. Pertama, pengelolaan lahan untuk kebun tebu. Jokowi menugaskan Bahlil untuk menginventarisasi, mengidentifikasi dan memfasilitasi lahan di Merauke untuk keperluan produksi tebu di Merauke.

Kedua, fasilitasi izin usaha tebu terintegrasi. Kepala Negara menginstruksikan Bahlil untuk menyelesaikan semua administrasi pertanahan untuk kebun tebu di Merauke dan memfasilitasi pelaku usaha untuk memanfaatkan lahan di sana.

Ketiga, Bahlil ditugaskan untuk memberikan fasilitas investasi bagi investor kebun tebu di Kota Rusa untuk mempercepat pembangunan kebun tebu tersebut. Adapun kebun tersebut harus terintegrasi dengan fasilitas produksi bioetanol.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...