Bahlil Mau Bangun Kebun Tebu Terintegrasi di Merauke, Ini Persiapannya

Andi M. Arief
29 April 2024, 17:14
Bahlil
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (tengah) menyampaikan paparan saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/4/2024). Bahlil menyebutkan Kementerian Investasi/BKPM mencatat realisasi investasi sepanjang 2023 sebesar Rp1.418 triliun atau melampaui target Rp1.400 triliun.
Button AI Summarize

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia berencana untuk mengubah 2 juta hektare lahan di Merauke, Papua Selatan menjadi kebun tebu terintegrasi. Rencananya, perkebunan tersebut akan dibangun menggunakan teknologi pertanian.

Bahlil mengaku, baru kembali dari Merauke setelah melakukan identifikasi lahan. Secara total, potensi lahan yang dapat dikonversi menjadi kebun tebu mencapai 3 juta hektare.

"Sumber dana pembangunan kebun tebu ini akan dicampur antara investasi dari perusahaan milik negara dan swasta dalam rangka percepatan swasembada gula," kata Bahlil di Jakarta, Senin (29/4).

Secara rinci, Bahlil mengatakan pengembangan kebun tebu terintegrasi oleh BUMN akan dilakukan dengan skema Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dengan kata lain, pemerintah akan membangun fasilitas penunjang seperti jalan dan air industri.

Meski demikian, Bahlil menilai pengembangan kebun tebu oleh pihak swasta akan lebih cepat. Dengan begitu, akan mengurangi ketergantungan impor gula menjadi lebih cepat.

Tercatat volume impor gula konsumsi pada tahun ini telah mencapai 708.609 ton. Angka tersebut setara dengan 24,15% kebutuhan gula konsumsi nasional yang mencapai 2,93 juta ton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...