Mendag Zulkifli Tinjau Pasar Palmerah: Harga Daging Ayam Terlalu Murah

Andi M. Arief
30 April 2024, 10:07
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, harga daging ayam
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/tom.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (dua kanan) membeli daging ayam saat meninjau Pasar Klender di Jakarta, Senin (26/2/2023). Zulkifli menilai harga daging ayam saat ini terlalu murah.
Button AI Summarize

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemukan sebagian harga bahan pangan mulai menurun. Namun, Zulkifli menilai masih ada bahan pangan yang terlalu mahal di Pasar Palmerah.

Zulkifli menemukan harga daging ayam ras di Pasar Palmerah hanya Rp 29.000 per kilogram pagi ini, Selasa (30/4). Angka tersebut jauh di bawah rata-rata harga daging ayam ras di DKI Jakarta berdasarkan data Badan Pangan Nasional yang mencapai Rp 38.270 per kg kemarin, Senin (29/4).

"Harga daging ayam ras tidak pernah seperti itu, terlalu murah," kata Zulkifli di Pasar Palmerah, Selasa (30/4).

Ia mencatat, harga beberapa bahan pangan yang turun di Pasar Palmerah, yakni bawang merah menjadi Rp 65.000 per kg, beras medium menjadi Rp 12.000 per kg,dan cabai menjadi Rp 60.000 per kg.

Walau demikian, Zulkifli mengingatkan penurunan harga harus tetap terukur agar petani maupun peternak di tingkat hulu tidak merugi. "Kalau harga pangan di tingkat konsumen terlalu murah, petani bisa bangkrut," ujarnya.

Sementara itu, Zulkifli mencatat, harga telur ayam di Pasar Palmerah  Rp 29.000 per kg atau sesuai dengan Harga Acuan Pemerintah atau HAP telur ayam senilai Rp 27.000 per kg.

Bapanas mendata rata-rata harga telur ayam di DKI Jakarta adalah Rp 28.470 per kg kemarin, Senin (29/4). Walau demikian, harga telur ayam di Pasar Palmerah telah lebih tinggi dari rata-rata harga di Jakarta Pusat senilai Rp 27.000 per kg.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...