Timah Kembali Dijual ke Luar Negeri, Ekspor Babel Naik Lebih 580%

Sorta Tobing
3 Mei 2024, 11:14
Ilustrasi logam timah
123RF.com/Piotr Pawinski
Ilustrasi logam timah
Button AI Summarize

Nilai ekspor timah dan nontimah Kepulauan Bangka Belitung pada April 2024 mencapai US$ 127,99 juta atau naik 582,26% dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatan ini terjadi karena ekspor timah kembali berjalan pada bulan lalu.

"Peningkatan ekspor timah terjadi sejak Maret lalu, nilainya US$ 86,77 juta, dari bulan sebelumnya tidak ada kegiatan ekspor komoditas tersebut," ucap Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga, di Pangkalpinang, Jumat (3/5).

Penjualan produk tambang itu terutama ke lima negara. "Sepanjang Januari hingga Maret ini sebanyak 19,21% dikirim ke Korea Selatan," katanya. 

Negara berikutnya adalah India dan Singapura. Kontribusinya masing-masing sebesar 16,85% dan 16,63%. Di urutan berikutnya adalah Jepang dan Belanda. 

"Lima negara utama tujuan ekspor timah ini berperan sebesar 73,26% terhadap total ekpor timah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke seluruh dunia," ujar Haryanto.

Secara kumulatif pada tiga bulan pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (c-to-c), terjadi kontraksi pertumbuhan ekspor ke lima negara terbesar tujuan timah. Korea Selatan terkontraksi hingga 40% dan Singapura 32%. "India merupakan negara dengan kontraksi terdalam hingga 50,64%," ucapnya. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...