Insiatif Bernilai Triliunan Posisikan SCG Jadi Pemimpin Inovasi Hijau

Dini Hariyanti
10 Mei 2024, 19:22
Beragam inisiatif multi-miliar dari SCG bertujuan demi mewujudkan masyarakat rendah karbon.
SCG
President & CEO SCG Thammasak Sethaudom
Button AI Summarize

SCG mengembangkan inovasi hijau kelas dunia melalui kolaborasi lintas sektor. Hal ini direalisasikan melalui pengalokasian anggaran 10 miliar baht, setara lebih dari Rp4,6 triliun.

Dana tersebut ditujukan untuk mendanai pengembangan produksi berkarbon rendah. Inovasi hijau berjejak karbon rendah ini sejalan dengan komitmen perusahaan sebagai organisasi dengan beragam kemungkinan, alias organization of possibilities.

President & CEO SCG Thammasak Sethaudom mengatakan, inovasi hijau merupakan kunci untuk menjawab tantangan krisis iklim. Oleh karena itu, pihaknya hendak mendorong masyarakat berpartisipasi dan mendukungnya.

“Namun, transisi ini tidak mudah karena memerlukan perubahan dalam teknologi, pemahaman pelanggan dan penerimaan pasar, serta peraturan baru. Kekuatan manusia sangat penting dalam mendorong perubahan ini,” tuturnya melalui keterangan tertulis, Jumat (10/5).

SCG hendak menjadi wadah bagi banyak pihak, tak terkecuali karyawan, mitra, bahkan generasi muda untuk untuk menyalurkan potensi tanpa batas. Perusahaan mendorong pemikiran baru dan pembelajaran dari pengalaman untuk mengembangkan inovasi hijau yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan.

Berikut ini sekelumit wujud dukungan SCG guna memacu pengembangan inovasi hijau.

Program Start-up Internal

SCG mendukung pengembangan ide menjadi inovasi, dengan memungkinkan karyawan menjadi wirausahamelalui program start-up internal, yaitu Zero to One by SCG. Inisiatif ini membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan, mulai dari memahami kebutuhan pelanggan hingga mengembangkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Pesertanya juga mendapatkan edukasi terkait strategi memperluas basis pelanggan untuk mencapai pertumbuhan eksponensial. Tentu dengan menggunakan alat-alat seperti Design Thinking, Generative AI, dan Data Analytics.

Saat ini, lebih dari 800 orang bergabung dan terdapat 100 perusahaan rintisan yang terlibat dalam proyek ini, contohnya adalah platform untuk truk pengangkut sampah yang memungkinkan pengangkutan dan pengelolaan sampah yang lebih efisien bernama Wake Up Waste, serta Dezpax selaku platform pengemasan daring pertama di Thailand yang dirancang khusus untuk industri restoran, pengantaran makanan, dan kafe.

SCG juga meluncurkan SCG Young Talent Program untuk menginkubasi generasi inovator baru dari berbagai universitas dengan beragam tingkatan dan disiplin ilmu. Inkubasi dilakukan melalui proyek-proyek yang nyata dan menantang bersama SCG selama 13 minggu. Terdapat lebih dari 850 anak muda berpartisipasi hingga saat ini.

SCG terus mendukung karyawan di semua tingkatan untuk mengajukan ide-ide untuk pengembangan, mendorong budaya open & challenge yang mendorong keterbukaan, pembelajaran berkelanjutan, pengembangan diri, tanpa terkungkung kesuksesan pada masa lalu.

Riset Internal dan Kolaborasi Global

Perwujudan inovasi kelas dunia, yakni melalui dukunga SCG terhadap praktik riset internal sembari berkolaborasi dengan ahli global.

Hal ini mencakup kemitraan dengan Norner AS, sebuah pusat penelitian dan pengembangan polimer industry.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...