Investasi Industri Susu Capai Rp 23,4 T dan Serap 37 Ribu Tenaga Kerja

Ferrika Lukmana Sari
24 Mei 2024, 17:46
susu
Katadata
Button AI Summarize

Kementerian Perindustrian menyebut investasi industri pengolahan susu Indonesia mencapai Rp 23,4 triliun dan menyerap 37 ribu tenaga kerja pada tahun 20223.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menuturkan bahwa perkembangan sektor ini sudah cukup baik, di mana terdapat 88 pabrik pengolahan susu dan turunannya, dengan total kapasitas produksi 4,64 juta ton per tahun.

Selain itu, industri pengolahan susu merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Pada tahun 2022, industri pengolahan susu mampu berkembang yang ditandai dengan munculnya beberapa investasi baru.

Dia mencontohkan investasi di PT Frisian Flag Indonesia di Kabupaten Bekasi, PT Nestle Indonesia di Kabupaten Batang, PT Kian Mulia di Kabupaten Bekasi, dan rencana investasi Baladna (perusahaan asal Qatar) di Kabupaten Indramayu.

“Ini menunjukkan bahwa bisnis di sektor industri pengolahan susu masih cukup prospektif sekaligus mencerminkan Indonesia sebagai negara tujuan utama investasi karena terciptanya iklim usaha yang kondusif dengan berbagai kebijakan yang probisnis,” kata Putu dalam keterangan resmi, Jumat (24/5).

Industri pengolahan susu turut memberikan andil besar terhadap pertumbuhan industri agro yang mampu tumbuh 4,15% pada 2024. Industri ini menjadi penopang utama industri makanan dan minuman dengan pertumbuhan 4,47%.

Pada triwulan I 2024, industri makanan dan minuman tumbuh 5,87%, atau meningkat dibandingkan periode triwulan I 2023. Sedangkan untuk kontribusi industri agro terhadap PDB industri pengolahan nonmigas sebesar 51,54%, dan terhadap PDB Nasional sebesar 9%.

Putu optimistis, kinerja industri pengolahan susu akan semakin gemilang seiring dengan meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat dan bertumbuhnya kelas menengah. Selain itu bertransformasinya gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat, diyakini dapat meningkatkan konsumsi produk susu olahan.

Industri pengolahan susu saat ini didominasi susu cair dan krim (49%), sisanya adalah susu kental manis (17%) dan susu bubuk (17,5%). Industri pengolahan susu juga sudah diekspor dengan beragam produk seperti susu formula, makanan bayi, es krim, keju, yogurt, susu bubuk, susu kental manis, serta susu cair dan krim.

Saat ini, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia mencapai 16,9 kg per kapita per tahun setara susu segar. Namun jumlah tersebut perlu dipacu lagi untuk bisa bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya. "Apalagi, peluang peningkatan konsumsi susu di Indonesia masih sangat besar, yang membuat investor berlomba-lomba untuk meningkatkan investasi di industri ini,”ujarnya.

Reporter: Ferrika Lukmana Sari

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...