Dua Konsorsium Tak Lolos Lelang, Nasib Tol Terpanjang RI Menggantung

Agustiyanti
27 Mei 2024, 14:42
tol, jalan tol
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung saat ini menjadi tol terpanjang di Indonesia.
Button AI Summarize

Badan Pengatur Jalan Tol tak meloloskan dua konsorsium yang ikut dalam lelang prakualifikasi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis. Kedua konsorsium yang tak lulus yakni Konsorsium PT Trans Persada Sejahtera-PT Wiranusantara Bumi dan Konsorsium PT Dayamulia Turangga-PT China State Construction Overseas Development Shanghai.

Keputusan lelang tersebut termuat dalam pengumuman hasil pelelangan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis Nomor: 24/BPJT/L/GTCM/2024. Keputusan tersebut sesuai dengan hasil evaluasi dokumen prakualifikasi yang diajukan kedua konsorsium. 

"Sesuai dengan ketentuan dalam dokumen prakualifikasi (Pasal II.Q.1), peserta prakualfikasi yang keberatan atas penetapan hasil prakualifikasi dapat mengajukan sanggahan secara tertulis selambat-lambatnya lima hari kerja setelah tanggal pengumuman prakualifikasi," demikian tertulis dalam dokumen pengumuman lelang yang dipublikasikan pekan lalu. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebelumnya menargetkan, jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan mulai dibangun pada kuartal kedua 2024. Tol ini akan memiliki panjang mencapai 206,65 km dan menjadi yang terpanjang di Indonesia. 

Jalan tol ini akan  menghubungkan dua provinsi yakni Jawa Barat di Gedebage, hingga Jawa Tengah di Cilacap. Pembangunan tahap awal akan mencakup ruas Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis sepanjang 108,30 kilometer. Nilai investasi diperkirakan mencapai Rp 37,14 triliun.

Tol Getaci sebelumnya dimenangkan oleh konsorsium PT Jasa Marga pada 2021. Namun, mundurnya salah satu anggota konsorsium membuat konsorsium tidak bisa menyetorkan uang jaminan dan membuat pemenangan tender dibatalkan pada awal 2023. 

Anggota konsorsium yang memenangkan tender Tol Getaci pada 2021 adalah PT Jasa Marga Tbk, PT Waskita Karya Tbk, PT Pembangunan Perumahan Tbk, PT Wijaya Karya Tbk. Adapun anggota konsorsium yang keluar adalah Waskita Karya karena sedang menghadapi masalah keuangan. 

Gagalnya tender tersebut mengubah status proyek Tol Getaci dari diprakarsai swasta atau unsolicited menjadi diprakarsai pemerintah atau solicited.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...