Jokowi Optimistis Bisa Berkantor di IKN Mulai Bulan Depan

Image title
Oleh Antara
5 Juni 2024, 09:44
jokowi, kantor, ikn
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Presiden Joko Widodo optimistis bisa berkantor di IKN pada bulan depan.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo optimistis bisa berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mulai Juli 2024 setelah pasokan air baku tersedia. Proyek pasokan air di IKN yang bersumber dari Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, telah diresmikan pada Selasa (4/6).

"Sangat optimistis untuk kantornya. Ini masih menunggu satu saja airnya siap bulan Juli," kata Jokowi ketika meninjau pembangunan kompleks Istana Kepresidenan di IKN, seperti dikutip dari Antara. 

Menurut Jokowi, ketersediaan air di IKN hanya tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air untuk  dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah. Pembangunan Istana Kepresidenan di IKN, menurut dia juga sudah rampung 80% rampung untuk bagian interior maupun eksteriornya.

Presiden meyakini bahwa pembangunan Istana Kepresidenan serta infrastruktur lain yang diperlukan untuk Upacara HUT RI pada 17 Agustus mendatang akan selesai tepat waktu.

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final. Nggak ada masalah di lapangan, tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urutan upacara, semuanya nggak ada masalah,” kata Jokowi.

Jokowi pun mengaku sudah merasakan sendiri menginap di rumah dinas Menteri PUPR di IKN pada Selasa (4/6) malam. Seluruh pembangunan untuk persiapan 17 Agustus 2024 diperkirakan rampung pada pertengahan bulan depan. 

"Tadi malam saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR. Ya pagi tadi sangat indah, kemarin waktu matahari terbenam indah sekali. Saya tidur nyenyak sekali," kata Jokowi. 

Kementerian PUPR memastikan pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana, dan Kantor Presiden tetap sesuai target serta diharapkan bisa selesai dan dapat dimanfaatkan untuk upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara. Upacara akan berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan yang berada persis di depan Istana Presiden, berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta pemandangan lanskap seluruh kota IKN.

Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...