Garuda Sudah Dipanggil Satgas Penurunan Harga Tiket Pesawat, Apa Hasilnya?

Agustiyanti
31 Juli 2024, 16:24
Garuda Indonesia, harga tiket pesawat, satgas penurunan harga tiket pesawat
Antara / Muhammad Iqbal
Ilustrasi. Garuda Indonesia telah berdiskusi dengan Satgas Penurunan Harga Tiket Pesawat.
Button AI Summarize

Pemerintah membentuk satuan tugas (Satgas) yang tengah menggodok upaya untuk menurunkan harga tiket pesawat. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku sudah berdiskusi dengan Satgas terkait langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menurunkan harga tiket pesawat.

"Kami sangat mendukung, kita malah sudah dipanggil. Artinya gini, kita melihat bahwa begitu bicara soal harga tiket, saya mau mengajak semua pihak mendiskusikan terkait dengan struktur biaya," ujar Irfan ditemui usai menghadiri peluncuran buku "Elepahant Learns Flamenco" di Jakarta, Rabu (31/7). 

Irfan mengatakan, pembentukan satgas merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi seluruh kepentingan untuk bersama-sama melihat struktur biaya yang mempengaruhi harga tiket pesawat. Pihaknya saat ini tengah menunggu pembahasan lanjutan bersama Satgas. 

Irfan pun menilai, kehadiran satgas perlu mendapat apresiasi sehingga pemerintah dapat melihat struktur biaya dari tiket pesawat. Masyarakat umum pun nantinya dapat mengetahui beban apa yang ditanggungnya dalam sebuah tiket pesawat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengumumkan tengah menyiapkan langkah efisiensi penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat. Salah satunya terkait evaluasi operasi biaya pesawat.

"Kami menyiapkan beberapa langkah untuk efisiensi penerbangan dan penurunan harga tiket, misalnya evaluasi operasi biaya pesawat," kata Luhut.

Luhut menjelaskan, Cost Per Block Hour (CBH) yang merupakan komponen biaya operasi pesawat terbesar, perlu diidentifikasi rincian pembentukannya. "Kami juga merumuskan strategi untuk mengurangi nilai CBH tersebut, berdasarkan jenis pesawat dan layanan penerbangan," kata dia.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...