PUPR: Tol Akses IKN akan Menghubungkan Kawasan Inti dengan Bandara pada 2030

Agustiyanti
7 Agustus 2024, 12:22
IKN, bandara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Suasana kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024). Sumbu Kebangsaan merupakan ruang terbuka di IKN yang menjadi simbol hubungan harmonis antar alam, manusia, dan nilai luhur kebudayaan.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, tol akses IKN baru akan menghubungkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan bandara-bandara strategis di Kalimantan Timur pada 2030.

"Untuk jaringan jalan tol, akses ini adalah mengkoneksikan waktu kurang dari 50 menit dari koneksi transit ekspres dari KIPP sampai dengan ke bandara strategis di tahun 2030," ujar Direktur Pembangunan Jalan Wida Nurfaida Ditjen Bina Marga, Rabu (7/8), seperti dikutip dari Antara. 

Ia menjelaskan, seksi 1 tol akses IKN akan menghubungkan kawasan inti pemerintah pusat dengan Bandara Sepinggan. Akses tol tersebut akan terkoneksi dengan Tol Balikpapan-Samarinda yang sekarang sudah terbangun.

Selain itu, menurut dia, akan dibangun segmen KKT Kariangau - Simpang Tempadung. Lalu dilanjutkan dari Simpang Tempadung sampai Jembatan Pulau Balang dan dikoneksikan dengan Jembatan Pulau Balang. Akses tol kemudian dikoneksikan juga dengan segmen Jembatan Pulau Balang sampai dengan Simpang Riko.

Ia juga menjelaskan, akan duibangun pula segmen Simpang Riko sampai dengan Outer Ring Road IKN, serta Outer Ring Road IKN sampai dengan Simpang ITCI, dan dari Simpang ITCI sampai dengan Simpang 1B Kebangsaan Sisi Timur yang disebut sebagai segmen 6C. Semua segmen tol IKN tersebut dalam proses pekerjaan.

"Jadi semua seluruhnya sudah dalam proses pekerjaan, kecuali segmen 4A dan 4B," kata Wida.

Jaringan jalan Tol Akses IKN menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, yang akan melintasi jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang. Kehadiran jalan Tol Akses IKN dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan antara Nusantara dan Balikpapan, Kalimantan Timur yang semula mencapai 2 jam 15 menit menjadi hanya 45 menit. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...