Daerah di Spanyol Ini Tawarkan Insentif Rp 250 Juta untuk Digital Nomad

Agustiyanti
30 Agustus 2024, 14:44
digital nomad, insentif, spanyol
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.
Ilustrasi. Wilayah di Spanyol menawarkan insentif untuk digitak nomad tinggal di wilayahnya.
Button AI Summarize

Pemerintah daerah Extremadura, Spanyol menawarkan insentif mencapai 15 ribu euro atau sekitar Rp 250 juta kepada pekerja lepas digital atau digital nomad yang ingin tinggal di daerah mereka setidaknya selama dua tahun. Insentif diberikan untuk meningkatkan jumah penduduk di wilayah populasi terendah di spanyol tersebut. 

Mengutip CNBC, wilayah tersebut telah mengalokasikan anggaran mencapai 2 juta euro atau sekitar Rp 34 miliar agar sekitar 200 digital nomad tertarik berpindah ke wilayah itu. pemerintah Extremadura menyatakan bahwa hibah tersebut akan mencakup penyediaan perumahan, lahan, dan semua yang diperlukan untuk mempercepat kedatangan mereka.

Pengumuman skema ini merupakan bagian dari program repopulasi berkelanjutan yang disebut "Live in Ambroz," yang merujuk pada Lembah Ambroz di provinsi Cáceres. Lembah tersebut adalah salah satu daerah yang terus-menerus mengalami penurunan populasi.

Pihak berwenang Spanyol memberi tahu Euronews bahwa pengajuan permohonan hibah diharapkan dibuka pada bulan September dan dapat diajukan secara daring setelah tersedia. Untuk mengajukan permohonan hibah, persyaratan berikut harus dipenuhi:

Anda tidak boleh tinggal di Extremadura dalam enam bulan terakhir
Menjadi penduduk resmi di Spanyol dan memiliki nomor identitas asing
Bekerja jarak jauh di industri teknologi
Warga negara non-UE, seperti dari Amerika Serikat, juga dapat mengajukan permohonan tetapi harus sudah memperoleh visa nomaden digital Spanyol.

$16.703 yang ditawarkan akan dibagi menjadi beberapa hibah. Wanita dan mereka yang berusia di bawah 30 tahun yang memilih untuk tinggal di kota dengan penduduk kurang dari 5.000 akan mendapatkan €10.000 atau $11.135, dan yang lainnya akan mendapatkan €8.000 atau $8.908. Setelah dua tahun, perempuan dan mereka yang berusia di bawah 30 tahun yang memilih untuk tinggal setahun lagi akan menerima pembayaran kedua sebesar €5.000 atau $5.568, sementara yang lainnya akan diberikan €4.000 atau $4.454.

Pelamar akan mendapat kabar dalam waktu tiga bulan jika terpilih untuk menerima hibah. Setelah terpilih, pelamar harus mendaftar ke kotamadya di Extremadura untuk mendapatkan sertifikat padrón dalam waktu tiga bulan. Setelah langkah tersebut, pelamar akan memiliki waktu satu bulan untuk meminta pembayaran hibah, yang akan dilakukan dalam satu transaksi.
Kirim masukan
Panel samping
Histori
Tersimpan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...