Otorita: Pesawat Kepresidenan Sudah Bisa Mendarat di Bandara IKN Pekan Ini

Andi M. Arief
9 September 2024, 13:53
bandara VVIP, pesawat kepresidenan, jokowi
ANTARA FOTO/Yudi/nz
Bandara VVIP ditargetkan dapat melayani pesawat kepresidenan mulai pekan ini.
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN memastikan, konstruksi landasan pacu Bandara VVIP IKN dijadwalkan telah rampung sepanjang 2.200 meter pada pekan ini. Dengan demikian, pesawat kepresidenan sudah bisa mendarat di Bandara IKN saat Presiden Joko Widodo mulai berkantor di IKN.

Pesawat Kepresidenan adalah varian dari Boeing 747-200 yang membutuhkan landasan pacu setidaknya 2.200 meter. Pelaksana Tugas Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni mengatakan, Presiden Jokowi dapat mendarat di Bandara VVIP IKN pada pekan ini, Kamis (12/9).

"Namun hal tersebut terganggu hasil pemeriksaan ganda besok, Selasa (10/9). Kami tidak akan berkompromis pada aspek keselamatan," kata Raja Juli di Gedung DPR, Senin (9/9).

Jadwal konstruksi landasan pacu Bandara VVIP IKN telah molor tiga kali. Target awal penyelesaian konstruksi landasan pacu tersebut adalah sebelum 17 Agustus 2024, sebelum mundur menjadi akhir Agustus 2024, dan akhirnya menjadi pekan ini atau pekan kedua September 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencatat, pembangunan landasan pacu Bandara VVIP IKN telah mencapai 1.975 meter hingga akhir pekan lalu, Minggu (8/9). Menurutnya, landasan pacu Bandara VVIP IKN akan mencapai 2.200 meter dalam waktu dekat.

Di samping itu, konstruksi terminal VVIP Bandara IKN telah mencapai 90,16%, itu terminal VIP telah mencapai 77,06%. Pada saat yang sama, pembangunan Menara Pengendali Lalu Lintas Udara telah sebesar 53,71%, gedung administrasi dan operasional sebesar 61,03%, dan gedung Pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran mencapai 68,71%.

Budi mencatat, pengerjaan Bandara VVIP IKN sejauh ini telah mencapai 74,79% secara agregat. Menurutnya, angka tersebut akan mencapai 100% pada 31 Desember 2024.

"Pembangunan Bandara VVIP IKN berjalan dengan baik. Kendala masih pada kondisi cuaca yang tidak menentu dan agak melambatkan pekerjaan, tapi semua masih sesuai jadwal," kata Budi.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga sebelumnya mengatakan, landasan pacu bandara VVIP di IKN dirancang memiliki panjang 3.000 meter.

Pagu paket proyek Bandara VVIP IKN adalah Rp 4,28 triliun. Lokasinya dirancang hanya 15 menit dari IKN dan 25 kilometer dari Bandara Sepinggan, Balikpapan. "Mudah-mudahan bisa kami selesaikan, termasuk akses keluar Bandara VVIP IKN menuju IKN yang maksimum memakan waktu 30 menit," kata Danis.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...