Sepakati Damai, Anindya Tawarkan Arsjad jadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin

Ira Guslina Sufa
28 September 2024, 18:12
Kadin
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Menkumham Supratman Andi Agtas (kedua kiri) berbincang bersama Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kadin Indonesia sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kiri), Ketua Umum hasil Munaslub Kadin Anindya Bakrie (kiri) dan Waketum Kadin Erwin Aksa (kanan) pada acara sarasehan Kadin hasil Munaslub dengan Menkumham di Kantor Kadin, Jakarta, Minggu (15/9/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia hasil Munaslub 2024 Anindya Bakrie mengungkap alasan di balik perdamaian yang tercapai antara dia dengan Ketua Umum Kadin 2021-2026 Arsjad Rasjid.  Hal itu disampaikan Anindya usai menghadiri Dialog Kebangsaan IKA Unpad, di Jakarta, Sabtu (28/9). 

"Kadin musti kompak, musti solid, musti adem untuk menjawab apa ke depannya tantangan bangsa," ujar Anidya. 

Ia mengatakan sebagai Ketum Kadin hasil Munaslub 2024, dirinya mengakomodir berbagai macam masukan. Dia juga menyampaikan kepengurusannya terbuka apabila Arsjad Rasjid mendampingi turut berkontribusi dalam kepengurusan baru. 

"Sekarang karena sudah diberikan amanat, 14 September jadi Ketua Umum, saya sangat terbuka apabila Pak Arsjad mendampingi saya tentunya di Dewan Pertimbangan," kata dia lagi.

Menurut Anindya hasil dari munaslub yang diselenggarakan Kadin merupakan keputusan yang final. Hal itu karena forum tersebut merupakan pertemuan tertinggi di sebuah organisasi, serta yang mengusung dirinya merupakan anggota Kadin provinsi, dan anggota luar biasa (ALB).

Lebih lanjut, Anindya menjelaskan pertemuan antara dirinya dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia dan Arsjad Rasjid pada Jumat (27/9) merupakan bagian upayanya bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan. Saat bertemu Bahlil itu pula ia bertemu dengan Arsjad hingga dicapai kesepakatan damai. 

Pergantian Kepemimpinan

Sebelumnya, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mempertemukan Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026 Arsjad Rasjid, dan Ketua Umum Kadin hasil Munaslub 2024 Anindya Bakrie. Dalam video beredar Jumat (27/9), tampak Menteri ESDM Bahlil merangkul kedua tokoh dunia usaha tersebut, dan mengatakan bahwa kedua belah pihak sudah saling memaafkan.

"Ini sahabat saya Pak Arsjad dan Pak Anin, dan dua-duanya sudah insyaf untuk menjalankan organisasi yang baik dan mereka berdua sudah paten sudah kami ketemu dan kami sudah saling memaafkan dan kami pikir Kadin ke depan harus jadi lebih baik dan kami semua akan menjalankannya," kata Bahlil.

Sementara itu, Arsjad mengatakan bahwa dalam pertemuan dengan Anin itu sudah didapat solusi yang disepakati bersama. Ia memastikan hasil pertemuan itu untuk memastikan organisasi Kadin tetap bisa dijalankan sesuai dengan aturan. 

“Solusi yang dicapai dalam pertemuan ini menegaskan komitmen untuk tetap berpegang teguh pada aturan organisasi, terutama Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia dan Keppres No. 18/2022," kata Arsjad dalam keterangan tertulis. 

Menurut Arsjad, kesepakatan yang diambil merupakan hasil musyawarah dengan semangat kebersamaan untuk menyelesaikan dinamika internal yang terjadi. Meski begitu ia tidak menjelaskan dengan rinci seperti apa solusi yang diambil. 

Namun berdasarkan informasi yang diterima Katadata.co.id,  kedua pihak bersepakat untuk mempercepat pelaksanaan Musyawarah Nasional yang semula dijadwalkan pada 2026. Dalam Munas itulah nantinya akan disepakati untuk mengesahkan Anindya menjabat sebagai Ketua Umum Kadin. Sementara Arsjad selanjutnya akan menjabat Ketua Dewan Pertimbangan. 

Arsjad mengatakan pengurus Kadin baik di pusat maupun daerah, akan terus berperan sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kadin akan terus mendorong tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...