Sebanyak 1 Juta Orang Meninggal Akibat Covid-19 di Eropa Timur

Cahya Puteri Abdi Rabbi
31 Desember 2021, 09:47
Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexey Malgavko/HP/sa.
Penggali kubur mengenakan masker pelindung wajah dan bungkus mengubur seseorang yang tidak memiliki kerabat dekat di sebuah pemakaman di kota Tara di wilayah Omsk, Rusia, Jumat (12/11/2021).

Jumlah kasus kematian akibat virus Covid-19 di Eropa Timur mencapai 1 juta pada Kamis (30/12). Menurut penghitungan Reuters, jumlah itu dilaporkan ketika varian Omicron mengancam akan menghancurkan wilayah Eropa.

Menurut data Reuters, tiga dari lima negara yang melaporkan jumlah kematian harian tertinggi di Eropa berasal dari Timur, termasuk Rusia, Polandia dan Ukraina.

Eropa Timur membentuk 39% dari populasi kawasan itu dan telah melaporkan lebih dari setengah total kematian terkait Covid di Eropa. Korban tewas di Eropa Timur mencapai 1.045.454 pada Kamis (30/12), jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan 1.873.253 kematian di seluruh Eropa.

Wilayah ini mencakup Belarus, Bulgaria, Republik Ceko, Hongaria, Moldova, Polandia, Rumania, Rusia, Slovakia, dan Ukraina. Namun Eropa Timur mendeteksi sedikit kasus Omicron, berbeda dengan Eropa Barat di mana kasus harian memecahkan rekor.

“Saya takut karena ini adalah jumlah kematian harian yang sangat besar, tak terbayangkan,” kata Bozena Adamowicz, seorang pensiunan dari Warsawa, dikutip dari Reuters, Jumat (31/12).

Menurut data dari layanan statistik negara Rusia dan perhitungan Reuters pada Kamis (30/12), Rusia telah melampaui Brasil dengan angka kematian akibat Covid-19 tertinggi kedua di dunia, di belakang Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...