Moderna Ajukan Izin Darurat Vaksin Covid-19 untuk Balita

Rizky Alika
21 April 2022, 15:18
Moderna, vaksin, balita
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Jumlah vaksin Covid-19 yang bisa digunakan anak-anak saat ini kemungkinan akan bertambah. Moderna berencana mengajukan izin penggunaan darurat (EUA) pada regulator kesehatan Amerika Serikat (AS) untuk vaksin bagi anak usia enam bulan hingga lima tahun.

Juru bicara perusahaan pada Rabu (20/4) mengatakan, izin akan diajukan pada akhir April ini. Adapun mengutip dari Reuters pada Kamis (21/4), Moderna telah menggelar percobaan dengan varian Omicron.

Advertisement

 Hasil pengujian mereka, sebanyak dua dosis efektif hingga 38% dalam mencegah infeksi pada anak berusia 2-5 tahun. Selain itu, vaksin efektif hingga 44% untuk anak berusia 6 bulan hingga di bawah 2 tahun.

Pekan lalu, Pfizer Inc dan BioNTech mengatakan tiga dosis vaksin Covid-19 menghasilkan perlindungan yang signifikan terhadap varian Omicron pada anak-anak sehat pada usia 5-11 tahun.

Pada awal tahun ini, Badan Pengawas Obat & Makanan AS (US FDA) telah memberikan izin pemberian dosis ketiga vaksin Pfizer/BioNTech untuk anak-anak usia 12-15 tahun. Otoritas juga memberikan izin penggunaan vaksin untuk usia 5-11 tahun yang mengalami gangguan kekebalan.

Sebagai informasi, sebuah studi menunjukkan sebagian besar anak dan remaja yang belum divaksinasi tidak memiliki antibodi meski telah terpapar SARS-CoV-2. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat. Namun, studi tersebut belum dikaji oleh rekan sejawat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement