Minyaknya Disita Amerika, Iran Balas Tahan Kapal Tanker Yunani

Happy Fajrian
28 Mei 2022, 11:26
iran, amerika serikat, kapal tanker, minyak
ANTARA FOTO/Teguh prihatna/Lmo/foc.
Ilustrasi kapal tanker.

Pasukan Iran menangkap dua kapal tanker Yunani tak lama setelah Amerika Serikat (AS) menyita minyak mentah Iran dari kapal tanker Pegas di lepas pantai Yunani. Sebelumnya Teheran telah memperingatkan bahwa mereka akan mengambil tindakan tegas atas tindakan AS tersebut.

“Angkatan Laut Pengawal Revolusi hari ini (Jumat 27/5) menangkap dua kapal tanker Yunani karena pelanggaran di perairan Teluk,” kata sebuah pernyataan angkatan laut Iran yang dikutip oleh kantor berita negar Iran, IRNA, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (28/5).

Meski begitu IRNA tidak memerinci lebih lanjut terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh kapal tanker Yunani. Kementerian Luar Negeri Yunani mengatakan helikopter angkatan laut Iran mendarat di kapal berbendera Yunani, Delta Poseidon, yang berlayar 22 mil laut dari pantai Iran, di perairan internasional, kemudian menyandera awak kapal, di antaranya dua warga Yunani.

Dikatakan bahwa insiden serupa terjadi di kapal berbendera Yunani lain di dekat Iran, tanpa menyebutkan nama kapal itu. Kemlu Yunani mengatakan bahwa kedua tindakan tersebut melanggar hukum internasional dan Yunani telah memberi tahu sekutunya, serta melapor kepada duta besar Iran di Athena.

Pihak berwenang Yunani bulan lalu menyita Pegas berbendera Iran, dengan 19 awak Rusia di dalamnya, di dekat pantai pulau selatan Evia terkait dengan sanksi Uni Eropa (UE) terhadap Rusia atas invasi Ukraina.

Amerika kemudian menyita kargo minyak Iran yang disimpan di atas kapal dan berencana untuk mengirimkannya ke negaranya menggunakan kapal lain.

Pegas kemudian dibebaskan, tetapi penyitaan itu memicu ketegangan di tengah upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir yang ditinggalkan pemerintah Amerika Serikat di bawah mantan Presiden Donald Trump.

Sebelumnya pada hari Jumat, Nour News, yang berafiliasi dengan badan keamanan negara Iran, mengatakan di Twitter: "Setelah penyitaan sebuah kapal tanker Iran oleh pemerintah Yunani dan transfer minyaknya ke Amerika, #Iran telah memutuskan untuk mengambil hukuman. tindakan melawan #Yunani."

Kantor berita semi-resmi Iran Tasnim kemudian mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan: "Ada 17 kapal Yunani lainnya di Teluk Persia, yang dapat disita oleh Pengawal Revolusi jika Yunani melanjutkan kenakalannya."

"Sumber informasi juga menekankan bahwa Yunani harus mengambil tindakan kompensasi terhadap kapal tanker minyak Iran sesegera mungkin," kata Tasnim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...