Jokowi Ajak Negara-negara G7 Investasi Energi Bersih di Indonesia

Syahrizal Sidik
28 Juni 2022, 22:06
Potensi RI Besar, Jokowi Ajak Negara G7 Investasi Energi Bersih
Sekab.go.id
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo mengajak negara-negara anggota G7 untuk berinvestasi di sektor energi bersih di Indonesia. Hal ini disampaikan kepala negara pada sesi pertama di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6) waktu setempat.

Menurut Presiden, Indonesia mempunyai potensi besar yang ada baik di perut bumi, di darat, maupun di permukaan laut. Jokowi juga mengatakan, Indonesia dan banyak negara berkembang lainnya menghadapi risiko yang nyata karena perubahan iklim.

"Komitmen dan upaya Indonesia untuk perubahan iklim dan transisi energi sangat jelas," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/6).

Presiden Jokowi, kata Menlu, menyampaikan bahwa Indonesia berpotensi menjadi kontributor energi bersih yang sangat besar baik itu yang berada di perut bumi, di darat, maupun di permukaan laut.

Namun, untuk memenuhi potensi tersebut, Indonesia membutuhkan investasi dengan jumlah besar disertai transfer teknologi."Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia memerlukan investasi besar dan teknologi rendah karbon guna mendukung transisi menuju energi bersih yang cepat dan efektif," tutur Retno.

Presiden menyampaikan bahwa Indonesia membutuhkan investasi sekira 25 miliar hingga 30 miliar dolar AS untuk memuluskan upaya transisi energi selama delapan tahun ke depan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...