Positif Covid-19, Presiden AS Joe Biden Sudah Membaik Berkat Paxlovid

Happy Fajrian
23 Juli 2022, 09:52
joe biden, covid-19, amerika serikat, presiden
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/AWW/dj
Presiden AS Joe Biden positif Covid-19.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dinyatakan positif terkena Covid-19 pada Kamis (21/7). Dokter Gedung Putih Kevin O’Connor mengatakan Biden menunjukkan gejala pilek, kelelahan dan batuk ringan.

Namun kondisi Biden dilaporkan telah membaik setelah menerima terapi obat Covid-19, Paxlovid. “Gejala covid-19 Joe Biden telah membaik. Denyut nadi, tekanan darah, dan kadar oksigennya semuanya normal,” kata O’Connor dalam sebuah memo yang dirilis Gedung Putih pada Jumat (22/7).

Dalam memo tersebut disebutkan bahwa Biden sempat mengalami kenaikan suhu badan 37,4°Celsius yang mereda setelah mengonsumsi tylenol (asetaminofen). Biden mengonsumsi obat antivirus Paxlovid yang didukung dengan hidrasi dan albuterol secara berkala.

Albuterol adalah obat hirup yang digunakan untuk membuka saluran napas di paru-paru. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati asma, penyempitan bronkus yang dipicu olahraga dan penyakit paru obstruktif kronis.

Sedangkan Paxlovid adalah obat Covid-19 yang merupakan terapi antivirus inhibitor protease SARS-CoV-2 yang dikembangkan dan diproduksi oleh Pfizer. Obat ini menurunkan risiko dirawat di rumah sakit dan kematian untuk golongan rentan.

Joe Biden yang berusia 79 tahun masuk ke dalam kategori rentan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...