Pendukung Mantan Presiden Brasil Bolsonaro Serbu Istana Kepresidenan

Desy Setyowati
9 Januari 2023, 07:02
bolsonaro, brasil
Twitter
Pendukung Bolsonaro menyerbu gedung Kongres, MA, dan Istana Kepresidenan Brasil pada Minggu (8/1/2023)

Pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyerbu Istana Kepresidenan Planalto pada Minggu (8/1). Mereka juga mengepung gedung kongres dan Mahkamah Agung yang letaknya berdekatan dengan istana.

Rekaman yang diunggah oleh media Brasil menunjukkan kerumunan di ibu kota Brasília.

“Mereka berjalan menaiki tanjakan yang mengarah ke gedung kongres, dan telah mencapai ruang hijau yang terletak di luar ruang Majelis Rendah Kongres,” kata Presiden Senat Sementara Veneziano Vital do Rogo dikutip dari CNN Internasional, Minggu (8/1).

Jurnalis CNN Internasional di Brasil menyebutkan, pendukung Bolsonaro memasuki Mahkamah Agung dan istana kepresidenan. Polisi anti huru hara dan Angkatan Bersenjata Brasil pun masuk untuk mengatasi kerumunan.

“Di dalam, pengunjuk rasa menggunakan furnitur untuk membangun barikade guna mencegah polisi masuk,” kata jurnalis CNN Internasional di Brasil.

Lantai gedung Kongres juga banjir, setelah sistem penyiram diaktifkan ketika pengunjuk rasa berusaha membakar karpet.

Video tambahan menunjukkan pengunjuk rasa di dalam gedung mengambil hadiah yang diterima dari delegasi internasional dan menghancurkan karya seni.

Kerumunan mengepung gedung kongres, Mahkamah Agung, dan istana kepresidenan seminggu setelah pelantikan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, yang kembali berkuasa setelah absen selama 12 tahun.

Lula mengalahkan Bolsonaro dalam pemilihan putaran kedua pada 30 Oktober.

Pemerintahan Bolsonaro sebelumnya mengatakan sedang bekerja sama dengan transisi kekuasaan. Akan tetapi, pemimpin sayap kanan ini meninggalkan Brasil dan pergi ke Amerika Serikat (AS) sebelum pelantikan Lula.

Sejak saat itu, pendukung Bolsonaro berkemah di ibu kota.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...