Utang Kartu Kredit Warga Amerika Menumpuk, Tembus Rp 15.200 T

Agustiyanti
9 Agustus 2023, 10:45
utang kartu kredit, kartu kredit, amerika serikat
Katadata | Donang Wahyu
Ilustrasi. Utang kartu kredit orang-orang AS naik US$ 46 miliar sepanjang kuartal II 2023.

Outstanding atau saldo utang kartu kredit orang-orang Amerika Serikat mencetak rekor mencapai US$ 1 triliun atau setara Rp 15.200 triliun dengan asumsi kurs saat ini Rp 15.200 per dolar AS. 

Data tersebut termuat dalam Laporan Triwulanan Utang dan Kredit Rumah Tangga yang dirilis The Federal Reserve Bank of New York. Menurut laporan tersebut, oustanding utang kartu kredit orang Amerika naik US$ 45 miliar atau 4,6% sepanjang April-Juni 2023 menjadi US$ 1,03 triliun. 

Laporan tersebut juga menunjukkan utang rumah tangga AS secara keseluruhan naik 1% sepanjang kuartal kedua ini menjadi US$ 17,06 triliun. Kenaikan utang ini juga didorong oleh meningkatnya pinjaman mobil. 

Utang rumah tangga secara keseluruhan telah melonjak sebesar US$2,9 triliun sejak akhir 2019 atau sebelum pandemi. Saldo utang Fed New York adalah nominal dan tidak disesuaikan dengan inflasi.

“Jadi dengan suku bunga yang tinggi, membayar utang itu menjadi lebih mahal, dan dengan konsumen yang terus mengambil lebih banyak utang, kombinasi ini akan memberi lebih banyak tekanan pada beberapa rumah tangga yang memiliki anggaran lebih ketat," ujar Sofia Baig, seorang ekonom di perusahaan intelijen keputusan Morning Consult seperti dikutip dari CNN, Rabu (9.8) 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...