Jokowi Resmi Tutup KTT ASEAN 2023, Serahkan Keketuaan ke Laos

Agustiyanti
7 September 2023, 17:27
KTT ASEAN 2023, KTT ASEAN
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menyerahkan keketuaan ASEAN kepada Perdana Meteri Laos Sonexay Siphandone dalam upacara penutupan KTT ASEAN 2023.

Presiden Joko Widodo resmi menutup rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 pada hari ini, Kamis (7/9). Penutupan KTT ASEAN 2023 juga ditandai dengan penyerahan keketuaan ASEAN dari Indonesia ke Laos. 

Jokowi mengatakan, KTT ASEAN ke-43 digelar selama tiga hari, terdiri dari 12 pertemuan konferensi tingkat tinggi. Rangkaian pertemuan ini berhasil menghasilkan 90 dokumen dan sejumlah kesepakatan konkret di antara para anggota. 

"Selama pertemuan saya menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh yang hadir. Ini menguatkan harapan dan semangat untuk melanjutka perjuangan untuk mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera," ujar Jokowi dalam Upacara Penutupan KTT ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9). 

Ia juga mengajak para kepala negara untuk mengukuhkan kawasan Indo Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusifikan. Hal tersebut akan menjadi kunci pondasi yang mengantarkan ASEAN ke masa depan yang lebih baik. 

"Esensi yang ingin dibangun keketuaan Indonesia yakni menjadikan ASEAN matters sebagai epicentrum of growth dan pekerjaan ASEAN tidak mungkin selesai dalam satu keketuaan saja," kata Jokowi.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...