RS Indonesia di Jalur Gaza Kehabisan Listrik, Nyawa Pasien Terancam

Happy Fajrian
24 Oktober 2023, 16:24
gaza, rumah sakit, konflik israel palestina, listrik
Katadata
Konflik Palestina - Israel meningkat, rumah sakit Indonesia di Jalur Gaza akan segera kehabisan listrik.

Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, Palestina, dilaporkan akan mengalami pemadaman listrik. Hal ini seiring habisnya bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan generator listrik. Al Jazeera melaporkan rumah sakit yang berlokasi di Belt Lahia, Gaza Utara itu kini telah ditutup.

Namun menurut rekaman video yang telah diverifikasi oleh Al Jazeera menunjukkan RS Indonesia dalam kegelapan. Video menunjukkan tim medis menerima pasien yang dibawa oleh ambulans sambil menggunakan senter portabel. Belakangan dilaporkan listrik telah pulih, tetapi tidak jelas berapa lama akan bertahan.

Israel telah memutus akses terhadap pasokan penting seperti bahan bakar dan air seiring gempuran bom ke Jalur Gaza sebagai upaya untuk membasmi pejuang Hamas. Ini berdampak pada tidak dapat digunakannya 32 pusat kesehatan di Jalur Gaza.

Para dokter di rumah sakit memperingatkan konsekuensi berhenti beroperasinya generator listrik dapat berakibat fatal pada ratusan pasien dan orang yang terluka akibat serangan Israel. Beberapa pasien terhubung ke alat bantu pernafasan yang akan berhenti berfungsi tanpa listrik.

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza pada Senin (23/10) telah memperingatkan bahwa generator listrik di rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan akan berhenti berfungsi dalam 48 jam ke depan karena kekurangan bahan bakar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...