RI Kutuk Pemboman Area RS Indonesia di Gaza, Ini Kondisi 3 Relawan WNI

Tia Dwitiani Komalasari
10 November 2023, 09:24
Konflik Palestina - Israel meningkat
Katadata
Konflik Palestina - Israel meningkat

Pemerintah Republik Indonesia mengutuk serangan Israel di sekitar Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza tadi malam, Kamis (9/11). Sebanyak 11 rudal menyerang sekitar Rumah Sakit Indonesia di Gaza dan merusak beberapa bagian fasilitas tersebut.

"Indonesia sekali lagi mengutuk serangan-serangan biadab terhadap warga dan obyek sipil, khususnya fasilitas-fasilitas kemanusiaan di Gaza," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, Jumat (10/11).

Dia mengatakan, sasaran roket adalah daerah Taliza'tar yang lokasinya sangat dekat RSI. Hal ini menyebabkan RSI mengalami sejumlah kerusakan fisik tambahan.

Kemlu RI juga telah berkomunikasi dengan MER-C mengenai kondisi tiga WNI yang menjadi relawan di RSI. Menurut Lalu, kondisi tiga relawan tersebut sudah bisa dihubungi dan dalam kondisi baik.

"Ketiganya berada di basement saat terjadinya serangan," ujarnya.

Selain RSI, Israel juga menyerang halaman kompleks Rumah Sakit al-Shifa, Jumat (10/11). “Tim medis masih memeriksa lokasi kejadian untuk mengetahui apakah ada [korban] yang tewas atau terluka,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina, seperti dikutip dari Al JAzeera.

RSI Terancam Setop Operasi

Direktur RSI di Gaza, Atef al-Kahlout, menyatakan bahwa rumah sakit tersebut akan berhenti beroperasi secara total karena kehabisan bahan bakar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...