Jokowi Sebut RI Siap Gelar Kerja Sama Indo-Pasifik Asal Saling Untung

Muhamad Fajar Riyandanu
17 November 2023, 15:23
jokowi, indopacific, ipef
ANTARA/Indra Arief
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan dalam APEC CEO Summit di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2023) waktu setempat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia siap bekerja sama dengan negara atau kelompok negara manapun asal menguntngkan. Ia juga berkomitmen untuk menyelesaikan perundingan pilar I dalam negosiasi Kerangka Kerja Kesejahteraan Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF) tahun depan.

Pilar I merupakan kerangka kerja perdagangan yang bertujuan untuk memajukan ketahanan, keberlanjutan, inklusivitas, pertumbuhan ekonomi, keadilan, dan daya saing perekonomian 14 negara anggota. 

“Indonesia berkomitmen untuk meyelesaikan perundingan Pilar ke-1 di tahun 2024 dan implementasi kesepakatan bersama,” kata Jokowi saat menyampaikan pidato IPEF di San Francisco yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat (17/11).

IPEF merupakan inisiatif Amerika Serikat (AS) yang secara resmi diluncurkan oleh Presiden Joe Biden pada 23 Mei 2022 di Tokyo, Jepang. Terdapat 14 negara yang berpartisipasi dalam IPEF.

Negara yang bergabung yaitu Amerika Serikat, Australia, Fiji, India, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru. Negara-negara ASEAN seperti Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam juga ikut masuk.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...