Warga Filipina Kembali ke Rumah Usai Gempa M7,6 dan Peringatan Tsunami

Happy Fajrian
3 Desember 2023, 13:40
gempa bumi, filipina, tsunami
ANTARA
Ilustrasi gempa bumi.

Gempa bumi berkekuatan 7,6 skala magnitudo melanda bagian timur Filipina pada Sabtu (2/12), yang menyebabkan peringatan tsunami di seluruh wilayah dan hingga bagian selatan Jepang, hampir 3.200 kilometer jauhnya dari pusat gempa.

Setelah gelombang tsunami kecil terekam, para pejabat mengatakan ancaman telah berlalu. Gempa terjadi sekitar pukul 22.37. waktu setempat di Mindanao, di bagian timur Filipina, menurut Survei Geologi A.S.

Gempa Sabtu malam mengguncang sebagian provinsi Surigao Del Sur dan Davao Oriental, memicu evakuasi pesisir dan peringatan tsunami di negara tersebut dan di Jepang.

Namun otoritas setempat telah mencabut peringatan tersebut dan warga diizinkan kembali ke rumah mereka pada Minggu (3/12). Gempa menewaskan sedikitnya satu orang, dan kerusakan kecil pada beberapa infrastruktur.

Seorang wanita tewas ketika tembok runtuh ketika dia dan keluarganya meninggalkan rumah mereka untuk mencari keselamatan di kota Tagum di provinsi Davao del Norte, kata pejabat bencana Mon Cabonilas.

Kerusakan properti dan pemadaman listrik di dekat pusat gempa di Mindanao dilaporkan, menurut jaringan televisi Filipina. Belum ada laporan mengenai korban cedera.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...