Menlu Retno Kecewa Resolusi Gencatan Senjata Gaza Gagal di PBB

Safrezi Fitra
10 Desember 2023, 09:27
Menlu Retno Kecewa Resolusi Gencatan Senjata Gaza Gagal di PBB, gencatan senjata, pbb, dk pbb, veto amerika di pbb, perang israel, gaza
ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/Jessica Wuysang/nym.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan kekecewaannya kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang gagal mengadopsi rancangan resolusi gencatan senjata di jalur Gaza, Palestina. Padahal, dari 15 negara anggota Dewan Keamanan (DK) PBB, sebanyak 13 negara mendukung gencatan senjata menghentikan pertumpahan darah di Jalur Gaza.

“Saya sangat menyesalkan kegagalan Dewan Keamanan (PBB) dalam mengadopsi gencatan senjata kemanusiaan di Gaza meskipun lebih dari 102 negara, termasuk Indonesia, ikut mensponsori resolusi tersebut,” kata Retno di platform media sosial X, Sabtu (10/12).

Advertisement

Dia menegaskan bahwa komunitas global tidak bisa terus bergantung pada belas kasihan beberapa negara dan tidak berdaya menyaksikan kekejaman dan pembunuhan terhadap perempuan dan anak-anak di Gaza.

Amerika Serikat memveto resolusi gencatan senjata di Gaza pada pemutungan suara Dewan Keamanan PBB, Jumat (8/12). Padahal sebelumnya, mayoritas anggota DK PBB menyetujui gencatan senjata di Gaza dengan segera sebagai penentu bagi nasib jutaan nyawa Palestina. Tiga belas anggota sepakat mendukung rancangan resolusi DK PBB yang diajukan oleh Uni Emirat Arab, sementara Inggris abstain.

"Kami tidak mendukung seruan gencatan senjata yang tidak dapat dipertahankan dalam resolusi ini yang hanya akan menanamkan benih untuk perang berikutnya,” ucap Duta Besar AS Deputi untuk PBB, Robert Wood seperti dikutip Reuters, Sabtu (9/12). Amerika Serikat dan Israel menentang gencatan senjata, dengan menyatakan bahwa hal itu hanya akan menguntungkan Hamas.

Rancangan resolusi tersebut menyerukan semua pihak yang bertikai untuk mematuhi hukum internasional, khususnya perlindungan bagi warga sipil, menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera dan meminta Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk melaporkan kepada dewan tersebut mengenai pelaksanaan gencatan senjata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement