Jumlah Gelandangan di Amerika Cetak Rekor, Melonjak 70.650 Tahun Ini

Agustiyanti
18 Desember 2023, 12:56
amerika serikat, gelandangan, tunawisma
ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/ama/dj
Ilustrasi. Jumlah tunawisma di Amerika Serikat pada suatu malam awal tahun ini mencapai 650 ribu orang. Ini adalah jumlah terbesar sejak laporan ini diluncurkan pada 2007.

Jumlah gelandangan di Amerika Serikat melonjak pada tahun ini hingga memecahkan rekor tertinggi. Jumlahnya naik 12% atau bertambah 70.650 orang dibandingkan laporan tahun sebelumnya. 

Berdasarkan survei yang dilakukan pada Januari dan dirilis pekan lalu, jumlah tunawisma pada suatu malam awal tahun ini bahkan mencapai 650 ribu orang. Ini adalah jumlah terbesar sejak laporan ini diluncurkan pada 2007. 

“Tunawisma dapat diatasi dan tidak boleh ada di Amerika Serikat,” kata Menteri Perumahan dan Pengembangan Kota Amerika Serikat  Marcia Fudge dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari CNN.

Ia mengatakan, data terbaru terkait jumlah gelandangan di Amerika Serikat ini menunjukkan kebutuhan untuk mengatasi masalah tuna wisma. Pemerintah AS pun telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatasinya. 

Laporan tersebut menemukan bahwa tunawisma meningkat secara nasional di semua tipe rumah tangga. Namun, dampaknya sangat besar terhadap komunitas kulit berwarna. Meskipun orang kulit hitam hanya mencakup 13% dari populasi AS, mereka adalah 37% dari orang yang mengalami tunawisma dan 50% tunawisma dengan anggota keluarga yang memiliki anak.

Populasi Asia atau Amerika keturunan Asia mengalami kenaikan jumlah tunawisma terbnyak antara tahun 2022 dan 2023, dengan peningkatan sebesar 40%. Sekitar 3.313 lebih orang Asia dan Amerika keturunan Asia tidak memiliki tempat tinggal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...