Luhut: Jokowi akan Kenalkan Presiden Terpilih ke Temannya, MBS dan MBZ

Agustiyanti
22 Desember 2023, 12:00
jokowi, luhut, mbs, mbz, covid-19
Katadata
Menteri Kooridinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, Presiden Joko Widodo ingin memastikan transisi ke pemerintahan berikutnya berjalan lancar.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, Presiden Joko Widodo ingin memastikan transisi ke pemerintahan berikutnya berjalan lancar. Salah satu yang akan dilakukan Jokowi adalah mengenalkan presiden terpilih nantinya kedua temannya, Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman Alu Saud dan Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ.

"Pak Presiden mengatakan, nanti kalau ada presiden terpilih, beliau akan mengenalkan presiden terpilih ke teman-temannya, kepala negara MBS dan MBZ. Ini supaya proses transisi bisa berjalan smooth dan tidak menunggu waktu lama untuk bekerja," ujar Luhut dalam konferensi pers, Jumat (22/12). 

Ia mengatakan, Indonesia berpacu dengan waktu untuk membawa Indonesia menjadi negara maju pada 2045, terlepas dari siapa presiden yang terpilih. Luhut yang terlibat dalam pemerintahan selama satu dekade menceritakan kesulitan yang dihadapi Jokowi karena berbagai keterbatasan aturan.

Kondisi tersebut membuat Jokowi kehilangan waktu. Selain itu, menurut dia, pemerintah juga menghadapi dua tahun lebih pandemi Covid-19. 

"Saat Pak Jokowi kita menghadapi masalah perdagangan dan kemudian Covid-19. Nah, lima tahun ke depan, kita akan menghadapi masalah pangan dunia," kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...