Mukbang Tusuk Gigi Goreng Viral, BPOM Korsel Beri Peringatan

Agustiyanti
26 Januari 2024, 10:51
tusuk gigi goreng, korsel, viral
Tiktok/ jang.guem.mukbang
Aksi mukbang tusuk gigi goreng viral di Korea Selatan.
Button AI Summarize

Korea Selatan memperingatkan warganya untuk tidak mengkonsumsi tusuk gigi goreng yang terbuat dari pati. Tusuk gigi goreng tersebut menyerupai kentang goreng kriting dan tengah viral di media sosial. 

Klip video yang menunjukkan orang-orang memakan tusuk gigi tepung kanji yang digoreng dengan bumbu seperti keju bubuk disukai dan dibagikan ribuan kali di TikTok dan Instagram. "Renyah sekali,” kata salah satu pengguna TikTok dalam sebuah video sambil mengunyah tusuk gigi goreng.

“Keamanannya sebagai makanan belum diverifikasi. Tolong jangan dimakan,” kata Badan Pengawasn Obat-obatan dan Makanan Korea Selatan dalam postingan mereka  pada Rabu di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Berbeda dengan tusuk gigi kayu yang sering ditemukan di Indonesia dan banyak negara, kebanyakan tusuk gigi di Korea Selatan terbuat dari tepung jagung atau kentang yang dicampur dengan sorbitol, gula alkohol manis yang ditemukan secara alami dalam berbagai buah-buahan. Oleh karena itu, tusuk gigi ini dapat terurai secara hayati dan larut dalam air. Tusuk gigi juga sering diberi pewarna makanan hijau dan sering digunakan di restoran.

Aksi mukbang tusuk gigi belakangan viral di media sosial Korea Selatan. Acara makan online, yang disebut "Mukbang", yang sering kali menampilkan orang-orang makan makanan dalam jumlah berlebihan atau hidangan yang tidak biasa, sangat populer di negara tersebut. 


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...