Daihatsu Laporkan Langkah Pencegahan Kecurangan Uji Keselamatan

Image title
11 Februari 2024, 13:07
Daihatsu
Astra Daihatsu Motor
Ilustrasi, mobil-mobil produksi Daihatsu.
Button AI Summarize

Daihatsu Motor Co., Ltd. menyerahkan laporan kepada Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang. Laporan tersebut, berisi rincian langkah-langkah untuk mencegah terulangnya fraud dalam uji keselamatan kendaraan.

Mengutip The Japan Times, laporan diserahkan langsung oleh Presiden Daihatsu Soichiro Okudaira kepada Menteri Transportasi Tetsuo Saito, sebagai upaya pertanggung jawaban perusahaan terkait skandal yang menerpa anak usaha Toyota Motor Corporation ini, akhir tahun lalu.

Beberapa langkah yang dijabarkan dalam laporan yang disampaikan oleh Daihatsu, antara lain memperpanjang periode pengembangan kendaraan sebesar 40%. Kemudian, memastikan peningkatan tujuh kali lipat dalam jumlah personel yang terlibat dalam uji keselamatan pada Juni 2024. Ini termasuk juga pertukaran personel antar divisi untuk menciptakan suasana terbuka di seluruh perusahaan.

"Kami ingin menerapkan langkah-langkah pencegahan terulangnya kecurangan ini dengan tegas, dan membuat perusahaan mampu melakukan tugasnya dengan baik," kata Okudaira, dilansir dari The Japan Times.

Kementerian Transportasi Jepang telah memerintahkan Daihatsu pada 16 Januari 2024 untuk meningkatkan praktiknya berdasarkan undang-undang kendaraan transportasi jalan raya, dan memerintahkan perusahaan untuk melaporkan tindakan pencegahan dalam waktu satu bulan.

Pada Jumat (9/2), Daihatsu mengatakan bahwa anak perusahaannya di Kyushu akan melanjutkan produksi 10 model, termasuk Mira e:S di pabriknya di Nakatsu, Prefektur Oita, pada 26 Februari. Langkah ini diambil setelah kementerian mengonfirmasi keamanan model tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...