Riset: Vietnam Bakal Catat Lonjakan Pertumbuhan Kekayaan Tertinggi

Hari Widowati
21 Februari 2024, 18:57
Vietnam akan mengalami lonjakan pertumbuhan kekayaan paling tajam dalam satu dekade ke depan seiring dengan statusnya sebagai pusat manufaktur global.
ANTARA FOTO/REUTERS/Kham/HP/dj
Jam gereja tua dari Eropa terlihat di menara rumah kolektor Pham Van Thuoc di provinsi Thai Binh, Vietnam.
Button AI Summarize

Vietnam akan mengalami lonjakan pertumbuhan kekayaan paling tajam dalam satu dekade ke depan seiring dengan statusnya sebagai pusat manufaktur global. Hal ini terungkap dalam laporan dari firma intelijen kekayaan global New World Wealth dan penasihat migrasi investasi Henley & Partners.

Andrew Amoils, Analis New World Wealth, mengatakan Vietnam akan mengalami peningkatan kekayaan sebesar 125% selama sepuluh tahun ke depan. Ini akan menjadi ekspansi kekayaan terbesar di antara negara-negara lain dalam hal Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dan jumlah jutawan.

"Vietnam adalah basis manufaktur yang semakin populer untuk perusahaan-perusahaan teknologi, otomotif, elektronik, pakaian, dan tekstil multinasional," kata Amoils kepada CNBC.

India, yang akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia pada tahun 2027, berada di posisi kedua dengan pertumbuhan kekayaan yang diperkirakan mencapai 110%.

Vietnam, yang merupakan rumah bagi 19.400 jutawan dan 58 centimiliuner, dianggap sebagai negara yang relatif aman dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Amoils mengatakan Vietnam memberikan insentif tambahan bagi perusahaan-perusahaan untuk mendirikan operasi manufaktur di negara ini.

"Lokasi strategis, biaya tenaga kerja yang rendah, serta infrastruktur yang mendukung ekspor dari negara ini telah mengubah Vietnam menjadi tujuan utama untuk investasi internasional," kata McKinsey dalam sebuah laporan.

Pertumbuhan PDB Vietnam tahun 2023 melambat menjadi 5,05% dibandingkan dengan ekspansi 8,02% pada tahun 2022. Penyebabnya adalah permintaan global yang meredup dan investasi publik yang terhenti. Manufaktur menyumbang seperempat dari PDB.

Menurut data Bank Dunia, PDB per kapita Vietnam saat ini mencapai US$4.100 (sekitar Rp 63,55 juta), meningkat dua kali lipat dibandingkan sepuluh tahun yang lalu sebesar US$2.190 (Rp 33,9 juta).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...