Jacob Rothschild Meninggal Dunia: Bankir Legendaris dan Donatur Israel

Agustiyanti
27 Februari 2024, 09:39
Jacob Rothschild, bankir, donatur istrael, keluarga Rothschild
Twitter/The National Gallery
Bankir kawakan Jacob Rothschild meninggal dalam usia ke-87.
Button AI Summarize

Bankir kawakan Jacob Rothschild meninggal dunia pada usia 87 tahun. Ia terkenal sebagai legenda di industri perbankan global dan donatur Israel. 

Mengutip BBC, Rothschild lahir di Berkshire pada tahun 1936. Ia menempuh pendidikan di Eton College dan melanjutkan studi sejarah di Christ Church, Oxford.

Jacob Rothschild dimulai di bank keluarga, NM Rothschild & Sons, sebelum memulai dana pengelolaan kekayaannya sendiri. Ia juga dikenal karena filantropinya. Mantan Perdana Menteri Tony Blair bahkan memberikan penghormatan kepada Rothschild dan menggambarkannya sebagai "manusia yang luar biasa".

Dia bergabung dengan bank keluarga pada tahun 1963, tetapi keluar pada tahun 1980 setelah berselisih dengan sepupunya Sir Evelyn de Rothschild.

Rothschild kemudian membangun kerajaan keuangannya sendiri di London, mendirikan perwalian investasi RIT Capital, yang dia pimpin hingga tahun 2019.

Menurut Sunday Times Rich List, kekayaan keluarga Rothschild diperkirakan mencapai sekitar £825 juta atau setara Rp 16,4 triliun.

Rothschild digambarkan sebagai pemodal yang berprestasi luar biasa, pejuang seni dan budaya, donatur Israel dan budaya Yahudi, serta pecinta lingkungan hidup. Ia juga digambarkan keluarganya sebagai teman, ayah dan kakek yang sangat disayangi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...