Lagi, 9 Warga Palestina Dibom Israel saat Ambil Makanan di Jalur Gaza

Desy Setyowati
4 Maret 2024, 07:42
palestina, gaza, israel,
Instagram @unitednation
kondisi gaza
Button AI Summarize

Sedikitnya sembilan orang tewas dan beberapa lainnya terluka akibat pasukan Israel mengebom kerumunan warga Palestina yang mengumpulkan bantuan kemanusiaan dari truk di Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah pada Minggu (3/3).

Itu merupakan serangan kedua dalam lima hari terakhir terhadap pengungsi Palestina di Gaza, yang menunggu bantuan kemanusiaan.

Pada Kamis (29/2), setidaknya 116 warga Palestina tewas dan 760 lainnya terluka ketika pasukan Israel menembaki kerumunan yang menunggu bantuan kemanusiaan di selatan Kota Gaza.

“Sembilan orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam pengeboman oleh Israel yang menargetkan truk bantuan di kota Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah,” kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya, kepada Anadolu.

Hamas mengecam serangan itu sebagai bagian dari ‘perang genosida dan pembersihan etnis’ oleh Israel. Mereka menilai, kelaparan sistematis dan hilangnya bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina adalah pilar perang Israel di Gaza.

Setidaknya 30.410 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza. Sebanyak 71.700 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Israel juga telah memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Gaza, sehingga penduduk di wilayah utara, tempat penembakan pada Kamis (29/2), berada di ambang kelaparan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...