Wapres AS Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Minta Perbatasan Dibuka

Tia Dwitiani Komalasari
4 Maret 2024, 15:42
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris mmenghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9/2023).
ANTARA FOTO/MEDIA CENTER KTT ASEAN 2023/Akbar Nugroho gumay/pras.
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris mmenghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9/2023).
Button AI Summarize

Wakil Presiden AS, Kamala Harris, menuntut kelompok militan Palestina Hamas menyetujui gencatan senjata selama enam minggu. Dia juga mendesak Israel membuka lebih banyak perbatasan sehingga bantuan ke Gaza bisa disalurkan.

Harris menekan pemerintah Israel agar menyalurkan lebih banyak bantuanke daerah kantong padat penduduk. Di wilayah itu, ratusan ribu orang menghadapi kelaparan setelah lima bulan kampanye militer Israel.

“Mengingat besarnya skala penderitaan di Gaza, gencatan senjata harus segera dilakukan,” kata Harris pada sebuah acara di Selma, Alabama, seperti dikutip dari Reuters, Senin (4/3).

“Ada kesepakatan yang perlu didiskusikan, dan seperti yang telah kami katakan, Hamas perlu menyetujui kesepakatan itu. Mari kita lakukan gencatan senjata.”

“Rakyat di Gaza kelaparan. Kondisinya tidak manusiawi dan rasa kemanusiaan kita memaksa kita untuk bertindak…Pemerintah Israel harus berbuat lebih banyak untuk meningkatkan aliran bantuan secara signifikan. Tidak ada alasan,” katanya.

Minta Israel Buka Perbatasan Baru

Dalam komentarnya, Harris memaparkan cara-cara spesifik tentang bagaimana pemerintah Israel dapat mengizinkan lebih banyak bantuan ke Gaza.

“Mereka harus membuka penyeberangan perbatasan baru. Mereka tidak boleh menerapkan pembatasan yang tidak perlu pada pengiriman bantuan," ujar Harris.

Dia mengatakan, Israel harus memastikan personel kemanusiaan, lokasi dan konvoi tidak menjadi sasaran. Israel juga harus berupaya memulihkan layanan dasar dan meningkatkan ketertiban di Gaza, sehingga lebih banyak lagi yang bisa dilakukan. makanan, air dan bahan bakar dapat menjangkau mereka yang membutuhkan.”

Di bawah tekanan dari dalam dan luar negeri, pemerintahan Biden pada Sabtu (2/3), melakukan penerjunan bantuan pertama melalui udara ke daerah kantong pantai tersebut. Sebanyak 38 robu paket makanan diangkut pesawat militer AS dan dijatuhkan di sepanjang garis pantai Mediterania Gaza.

Kritik terhadap pengiriman airdrop mengatakan bahwa dampaknya hanya terbatas pada penderitaan warga, dan hampir tidak mungkin untuk memastikan pasokan tidak sampai ke tangan militan.

"Amerika Serikat akan melanjutkan serangan udara ini," kata Harris.

Israel Boikot Gencatan Senjata

Delegasi Hamas sebenarnya telah tiba di Kairo untuk putaran terakhir perundingan gencatan senjata pada Minggu (3/3), namun tidak jelas apakah ada kemajuan yang dicapai. Versi online surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa Israel memboikot perundingan tersebut setelah Hamas menolak permintaannya untuk membuat daftar lengkap nama sandera yang masih hidup.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...