Gelar Pemungutan Suara, Kanada akan Setop Jual Senjata ke Israel

Ameidyo Daud Nasution
20 Maret 2024, 08:12
kanada, israel, senjata
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjalan usai menyampaikan pandangannya dalam sesi pleno XIII B20 Summit Indonesia 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022).
Button AI Summarize

Pemerintah Kanada akan menghentikan penjualan senjata ke Israel. Hal ini merupakan hasil pemungutan suara di parlemen Kanada pada Selasa (19/3).

Mosi ini diajukan oleh Partai Demokrat Baru (NDP) yang meminta pemerintahan Partai Liberal menyetop ekspor senjata ke Israel. NDP yang didukung oleh Partai Liberal, Blok Québécois dan Partai Hijau memenangkan voting 204-117.

"Ini (setop ekspor senjata ke Israel) adalah hal yang nyata," kata Menteri Luar Negeri Kanada Mélanie Joly dikutip dari The Guardian, Rabu (20/3).

Partai Demokrat Baru, yang mendukung pemerintahan minoritas Perdana Menteri Justin Trudeau sebelumnya mengungkapkan rasa frustrasi mereka atas kegagalan melindungi warga sipil di Gaza.

Hasil voting juga meminta pemerintah mendukung upaya berdirinya negara Palestina. Adapun, pemungutan ini berjalan menyusul kesepakatan pada menit-menit terakhir Partai Liberal dengan NDP yang meminta pemerintah mengakui Palestina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...